7 Sumber Makanan Sehat Dikabarkan Akan Habis dan Punah Di Muka Bumi Ini

BeritaKapan  - Peringatan Global Warning! Bahan makanan pokok kian hari kian menipis dikarenakan iklim cuaca dan gagal panen. Perubahan iklim sangat berisiko memberikan pengaruh pada hasil pertanian, peternakan, dan perkebunan buah-buahan di seluruh dunia. Makin hangatnya suhu bumi bisa membuat beberapa jenis tanaman pertanian sulit tumbuh. Belum lagi dampak ekstrem global warming, seperti banjir, salju, kekeringan, atau kekacauan musim yang menghambat panen.

Cuaca yang berubah dan tidak dapat diprediksi mengancam dunia agrikultur. Jika tidak ada perubahan dalam cara hidup, makanan favorit Anda mulai dari cokelat, kopi, hingga madu hanya akan tinggal jadi cerita. Dikabarkan oleh Business Insider (29/3), makanan ini terancam punah dalam kurun waktu kurang dari 100 tahun. 

7 Sumber Makanan Sehat Dikabarkan Akan Habis dan Punah Di Muka Bumi Ini



Sumber daya di bumi ini memang sangat banyak. Namun, jika digunakan setiap waktu, sumber daya yang dipakai dan dikelola setiap hari akan segera habis dan musnah. Mungkin kita berpikir tentang menipisnya cadangan minyak bumi, namun ternyata tidak hanya itu, beberapa makanan ternyata juga diyakini akan segera habis di muka bumi.

7 Sumber Makanan Sehat Dikabarkan Akan Habis dan Punah Di Muka Bumi Ini


Ikan Sarden

Salah satu hewan laut yang menyusut jumlahnya adalah ikan sarden. Dikabarkan populasi ikan sarden menurun sejak tahun 2013 lalu. Populasi ikan sarden menurun disebabkan berbagai hal, seperti penangkapan besar-besaran dan juga pendinginan Pasifik Utara sejak 1990-an.

Dikabarkan pada tahun 2025 yang akan datang, ikan yang memiliki tekstur daging yang lunak ini akan segera punah di muka bumi.

Buah Pisang

Amerika Latin merupakan penghasil pisang terbesar di dunia. Dari sekian banyak macam jenis buah, pisang menjadi makanan favorit semua orang. Seperti diketahui, pisang mengandung magnesium, vitamin C dan B6 yang baik untuk kesehatan. Namun, baru-baru ini muncul serangan Jamur Tropical Race 4 yang menyerang pohon-pohon pisang sehingga pisang yang dihasilkan bersifat racun dan tidak bisa dikonsumsi.

Kabarnya Jamur tersebut tidak dapat dibunuh dengan zat fungida manapun dan ada sekarang ini, jamur tersebut berpindah-pindah. Saat ini jamur tersebut sudah menyerang Amerika Latin dan Timur Tengah.

Kopi

Para ahli kopi mengungkapkan bahwa kopi akan terancam punah pada awal tahun 2080. Peningkatan suhu di tanah yang ditanami biji kopi membuat kopi tidak lagi bisa tumbuh. Belum lagi jamur dan hama yang sangat mengancam tanaman kopi.

Madu

Selama beberapa tahun belakangan, populasi lebah terus menurun. Ketika jumlah lebah menurun, maka produksi madu pun akan menurun. Bukan tidak mungkin madu akan menjadi susah didapat dan menjadi langka.

Selai Kacang

Kacang sebagai bahan utama pembuatan selai kacang saat ini semakin sulit untuk tumbuh karena meningkatnya kekeringan dimana-mana.

Ikan salmon

Nggak cuma produk pertanian dan perkebunan saja yang terancam, Sob. Ikan salmon yang enak dan sehat pun juga terancam punah, karena harus berjuang beradaptasi dengan suhu air yang kian panas. FYI, air dengan suhu dingin adalah tempat ikan salmon bereproduksi dan bertahan hidup.

Alpukat

Tahun 2014 lalu, restoran Meksiko asal Amerika Serikat memperingatkan konsumennya bahwa pasokan alpukat akan habis suatu hari nanti. Peringatan tersebut bukan tanpa alasan loh, Sob, karena kekeringan dan cuaca yang sangat panas membahayakan kebun-kebun alpukat.

Bersyukurlah, kalau sampai saat ini kita masih bisa menikmati makanan-makanan di atas. Yuk, tunjukkin rasa syukur kita dengan ikut menjaga lingkungan dan mencegah makin parahnya global warming, agar generasi mendatang masih bisa menikmati lezatnya makanan yang kita nikmati saat ini. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: