5 Cara Cepat dan Gampang Banget Untuk Memutihkan Gigi Kuning

BeritaKapan - Cara tepat untuk memutihkan gigi kuning adalah dengan menjaga perawatan gigi setiap harinya. Gigi kuning banyak di sebabkan oleh kurangnya menggosok gigi atau terlalu berat mengkonsumsi makanan dan minuman yang bikin gigi kuning. Seperti contohnya permen dan eskrim serta minuman yang bersoda, tak luput sering kita konsumsi menjadikan rawan terhadap gigi kuning. Mungkin pernah, sejak kamu masih kecil, pasti orang tua pun pernah memperingati untuk jangan terlalu sering makan permen agar gigi kamu nggak rusak. Permen yang biasa kamu konsumsi mengandung zat pewarna yang biasanya menempel di permukaan lidah. Tanpa kamu sadari, pewarna tersebut juga akan membuat gigi cepat rusak.

5 Cara Cepat dan Gampang Banget Untuk Memutihkan Gigi Kuning


Nah untuk memiliki senyum yang indah menawan agar gigi putih cemerlang hindari gaya hidup yang sering merusak gigi putihmu dan jauhi kromogen dalam makanan dan minuman adalah salah satu penyebab utama gigi kuning. Seperti apakah untuk cara cepat memutihkan gigi kuning? Singkatnya ikuti langkah dibawah ini seperti:


Makanan Penyebab Gigi Kuning


Minuman Bersoda

Hindari minuman yang bersoda karena akan lebih cepat menguningkan gigi kamu. Menurut penelitian kandungan kromogen dalam makanan dan minuman adalah salah satu penyebab utama gigi kuning, selain itu juga yang berersifat asam dan kaya akan kromogen menjadikan minuman kola berkarbonasi sangat mudah menguningkan gigi. Bahkan, keasaman pada minuman berkarbonasi dianggap sama dengan tingkat keasaman batu baterai.

Karena Merokok

Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan gigi nampak lebih cepat menguning. Hentikan kebiasaan merokok karena menjadikan salah satu faktor yang bisa menyebabkan noda pada gigi. Bukan hanya melalui mengisap, mengunyah tembakau pun memiliki efek yang sama bagi gigi. Mengurangi kebiasaan merokok juga bukan hanya akan baik untuk kesehatan mulut dan gigi tapi juga untuk jantung dan paru-paru Anda.

Makanan Bersantan

Berbagai jenis makanan yang bersantan rata-rata memiliki warna pekat dan tekstur yang kental. Nggak heran kalau setelahnya banyak bekas yang menempel di gigi dan ujung-ujungnya bikin gigi kuning.

Kurang Perawatan Gigi

Karena kebiasaan idak menyikat gigi dan melakukan flossing secara rutin akan membuat gigi kian akrab dengan noda. Kedua kebiasaan di atas wajib dilakukan agar makanan dan minuman penyebab noda tidak bertahan lama pada gigi.

Cara Cepat dan Gampang Banget Untuk Memutihkan Gigi Kuning



Rajin Mengkonsumsi Sayuran dan Buah Segar

Untuk memutihkan gigi jadi terlihat lebih cerah dan putih. Bagaimana bisa? Ternyata, gesekan yang terjadi saat Anda mengunyah makanan yang keras akan membantu mengikis plak gigi yang nantinya akan menciptakan noda pada gigi.

Menjaga kesehatan gigi

Cobalah lebih rajin membersihkan gigi dengan cara menyikat dan flossing setelah makan. Selain itu, pastikan mengunjungi dokter gigi tiap 6 bulan sekali. Membersihkan gigi tiap 6 bulan sekali akan menghilangkan plak, yang dapat memberi efek kekuningan yang tak dapat Anda lenyapkan sendiri

Menggunakan sedotan

Apabila kita memakai sedotan saat untuk meminum atau mengonsumsi jus, minuman berkarbonasi, dan es teh bisa mengurangi noda gigi. Dengan begini minuman bisa langsung tertelan sehingga minim kontak dengan gigi.

Memakai bahan alami yang dapat ditemukan di rumah

Baking soda banyak dimanfaatkan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu membuat pasta dari baking soda. Terdiri dari campuran satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air, yang digunakan beberapa kali dalam satu minggu. Atau, baking soda dapat dijadikan obat kumur. Campurkan  satu sendok teh baking soda dengan satu gelas air. Kumur sekitar 2-3 menit.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan campuran garam laut dan air sebagai pasta gigi. Sekitar ½ sendok teh garam laut dicampur dengan 30 ml air. Sikat gigi Anda sekitar 3-5 menit menggunakan campuran tersebut. Garam laut juga akan meningkatkan keseimbangan kadar PH dalam mulut, kandungan ini dapat menjaga kesehatan mulut dari kuman dan bakteri merugikan karena membuat suasana rongga mulut lebih basa.

Mengurangi konsumsi obat 

Beberapa jenis obat seperti antibiotik tetrasiklin, antihistamin, obat tekanan darah tinggi, dan obat antipsikotik dapat meninggalkan noda pada gigi. Selain itu, obat kumur antibakteri yang mengandung chlorhexidine atau cetylpyridinium chloride juga dapat memengaruhi warna gigi.

Jika cara memutihkan gigi secara alami seperti diungkapkan di atas tidak memperoleh hasil yang memuaskan, konsultasi dengan dokter spesialis gigi untuk tindakan lain.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "5 Cara Cepat dan Gampang Banget Untuk Memutihkan Gigi Kuning"