Fakta Sehat Apabila Sering Minum Air Hangat Sangat Baik Untuk Kesehatan

BeritaKapan - Segelas air hangat apabila diminum setelah lelahnya bekerja dapat membantu meringankan beban rasa capek pun hilang. Namun tidak sedikit orang malas untuk mengkonsumsi air putih maupun segelas air hangat. Menurut para dokter ahli kesehatan, apabila minum segela air putih setidaknya delapan gelas setiap hari memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, bila Anda ingin merasakan lebih sehat saat minum air putih, pilihlah yang hangat. Saat bangun tidur di pagi hari atau mungkin air putih, tahukah Anda bahwa minum segelas air hangat saat bangun tidur memiliki banyak manfaat?

Ilustrasi Teh Hangat



Seperti dilansir dari laman womentalk, pakar kesehatan telah mengatakan, meminum air hangat di pagi hari, atau ditambah dengan rendaman lemon yang kaya polifenol atau dengan teh, terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas di tubuh. Selain itu, minum air putih hangat saat bangun tidur di pagi hari dengan kondisi perut masih kosong memiliki tujuh manfaat yang baik bagi tubuh, berikut ini adalah beberapa fakta sehat dan manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Segelas Air Hangat  dapat melancarkan sirkulasi darah


Segelas air hangat saat perut dalam kondisi kosong juga dipercaya bisa membuang toksin yang pada gilirannya membantu sirkulasi darah. Air hangat juga memberi efek rileks, membantu melonggarkan otot, menghilangkan sirkulasi yang buruk, dan melancarkan aliran darah.

Selain dapat dimanfaatkan untuk detoks juga, manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh air hangat adalah untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah ke seluruh tubuh. Dengan minum air hangat juga dapat menghilangkan timbunan lemak dalam sistem saraf. Karena air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan-jaringan tubuh, maka air hangat dapat bertindak dengan sangat baik sebagai bantuan alami terhadap rasa sakit. Oleh karena itu, jika Anda sering mengalami nyeri sendi atau kram saat menstruasi, maka Anda sangat disarankan untuk minum air hangat.

Mengobati Sakit Flu dan Tenggorokan

Sedikit orang yang menyadari bahwa air hangat sangat baik untuk melegakan hidung tersumbat dan batuk berdahak. Hal ini disebabkan oleh air hangat yang dapat bertindak sebagai ekspektoran alami untuk membantu pengenceran dahak dari saluran pernapasan. Bila Anda sedang flu, pilek, batuk dan sakit tenggorokan, minum air hangat bisa menjadi obat alami. Air hangat dapat mengeluarkan dahak dari tenggorokan serta membantu menyembuhkan hidung tersumbat.

Menurunkan berat badan

Anda mungkin pernah mendengar, meminum air hangat saat pagi hari mampu menurunkan berat badan. Ternyata ini benar adanya. Air hangat meningkatkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya, meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Peningkatan aktivitas metabolik memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Air hangat dapat ditambah dengan lemon juga mengurangi nafsu makan, karena lemon mengandung serat pektin.Ternyata, menurunkan berat badan tidaklah sulit. Anda cukup minum air hangat ditambah dengan perasan lemon. Terutama, minumlah campuran ini di pagi hari untuk 'membuang' lemak di dalam tubuh Anda. 

Mengurangi sakit saat menstruasi

Air hangat sangat baik apabila diminum untuk perempuan yang sering sakit ketika menstruasi. Air hangat bisa menenangkan otot perut sehingga bisa membantu menyembuhkan otot yang kram.

Menhilangkan racun dalam tubuh

Seperti yang dijelaskan diatas tadi, segelas air hangat dapat membantu mendetoks tubuh. Saat Anda minum air hangat, suhu tubuh mulai naik sehingga Anda pun berkeringat. Bila Anda ingin mengeluarkan racun dalam tubuh, maka ini saatnya yang paling tepat. Nah, supaya hasilnya makin optimal, tambahkan juga perasan lemon sebelum diminum.

Menghambat penuaan kulit

Minum air hangat di pagi hari juga bisa membuang toksin dalam kulit. Jadinya, kulit bisa tetap bersinar, dan elastisitas kulit tetap terjaga. 

Itulah beberapa fakta sehat dari segelas air hangat, namun bagaimana dengan air dingin? Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sport Nutrition menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi air dingin mampu menjaga suhu inti tubuh mereka sebanyak 50% dibandingkan dengan kelompok yang minum air dengan suhu kamar.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Fakta Sehat Apabila Sering Minum Air Hangat Sangat Baik Untuk Kesehatan"