Tips Memilih RAM yang Murah dan Berkualitas

BeritaKapan - RAM atau Random Acces Memory merupakan sebuah media penyimpanan yang ada di dalam satu sistem operasi di dalam computer. RAM ini memiliki beberapa fungsi yang mana beberapa fungsi tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja dari computer atau perangkat milik Anda sendiri. Fungsi dari RAM tersebut ialah digunakan untuk membaca sebuah data yang ada di dalam perangkat Anda. Selain itu, RAM juga memiliki fungsi sebagai media penyimpanan yang mana akan menyimpan berbagai macam data yang baru saja di proses namun hanya bersifat sementara saja. Maksudnya bersifat sementara ialah data tersebut akan hilang apabila Anda mematikan perangkat dan lupa untuk menyimpannya secara permanen.



   Walaupun memiliki kelemahan   dalam menyimpan data secara permanen, namun RAM yang satu ini ternyata memiliki banyak keunggulan lainnya. Dimana beberapa keunggulan tersebut mampu membuat performa computer menjadi lebih baik.

   Saat ini, ada berbagai  macam merk RAM yang dijual di pasaran dengan berbagai kualitas yang berbeda-beda. Tidak sedikit pula RAM murah yang ditawarkan oleh beberapa toko untuk Anda miliki. RAM yang dijual dengan harga yang murah pastinya akan membuat Anda merasa tergiur untuk membelinya, apalagi jika Anda memiliki budget yang tidak terlalu banyak. 

   Akan tetapi, tidak semua RAM yang dijual dengan harga yang murah memiliki kualitas yang baik dan seperti yang Anda inginkan. Bahkan, tidak sedikit RAM murah yang ternyata malah memiliki kualitas yang buruk. Hal ini dikarenakan harga RAM tersebut pastinya disesuaikan dengan kualitas yang dimilikinya.

   Lalu, bagaimana cara yang bisa Anda lakukan sebelum membeli RAM murah yang sesuai dengan keinginan Anda dan memiliki kualitas yang tinggi pula? Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebelum membeli sebuah RAM dengan harga yang terjangkau dna berkualitas tinggi.

1. Pilih memori RAM

   Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah dengan memilih memori RAM yang sesuai dengan desktop PC yang Anda miliki. Hal ini karena masing-masing RAM memiliki jenis yang berbeda tergantung pada perangkat yang Anda miliki. Apabila Anda memiliki motherboard PC yang mendukung dual channel, maka Anda harus memilih RAM dengan jumlah yang ganda.

2. Pilih dua memori dengan kapasitas 2 GB

   Langkah selanjutnya yaitu, Anda lebih baik untuk membeli dua memori yang mana masing-masing dari memori tersebut memiliki kualitas 2 GB. Hal ini akan lebih baik jika dibandingkan Anda harus membeli satu buah RAM yang memiliki kualitas 4 GB.

3. Computer degan dual channel

   Rupanya, computer yang memiliki dual channel RAM memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan computer yang hanya memiliki kapasitas satu buah RAM saja.

4. Pilih merk RAM

   Sekarang ini, sudah tersedia banyak sekali merk RAM yang dijual di pasaran. Tentunya, dengan berbagai macam merk RAM tersebut, hal itu dapat membuat Anda bisa memilih RAM yang Anda inginkan. Namun, tidak semua merk RAM menjual produknya dengan harga yang murah.

   Agar Anda bisa memiliki RAM murah dengan kualitas yang bagus, Anda bisa melakukan survey dengan mendatangi beberapa toko. Atau Anda juga bisa browsing harga RAM murah yang memiliki kualitas tinggi. 

   Ada beberapa merk RAM terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu seperti Corsair, Avexiar, Kingmax, Hynix, Samsung, Kinston, V-Gen, Team Dark, Visipro dan yang lain sebagainya. Untuk bisa mendapatkan RAM murah yang berkualitas, Anda bisa mencarinya dengan melihat kualitas yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan kualitas RAM yang dijual dengan harga yang tinggi.

5. Jangan memilih RAM dengan chip yang aneh 

   Di pasaran, ada banyak sekali chip aneh yang dijual. Hal ini bertujuan agar dapat disesuaikan dengan motherboard yang ada. Namun, hal apabila motherboard Anda menggunakan RAM yang umum atau biasa, jangan coba-coba untuk membeli chip yang aneh. Beberapa merk RAM yang menjual RAM terpercaya ialah Samsung, Visipro, infeneon dan yang lain sebagainya.

6. Jangan membeli RAM yang tidak memilki kemasan

   Walaupun Anda menemukan RAM yang berkualitas tinggi bermerk dan juga dijual dengan harga yang murah, namun jangan sekali-kali Anda membeli RAM yang satu ini apalagi jika tidak dibungkus dengan menggunakan kemasan. Hal ini karena RAM yang tidak dikemas dengan menggunakan kemasan akan memiliki tingkat kerusakan yang sangat tinggi.

   Selain itu, RAM tersebut akan mengakibatkan data corrupt yang mana hal tersebut terjadi karena chip yang rusak sehingga akan membuat computer mengalami gangguan erorr. Sungguh sangat disayangkan bukan?

7. Pilih RAM dengan heat spreader

   Apabila Anda sering menggunakan computer dalam jangka waktu yang lama, sangat disarankan untuk membeli computer yang telah dilengkapi heat spreader. RAM yang dilengkapi dengan menggunakan heat spreader dapat membuat computer tetap stabil sehingga performa yang dihasilkan tetap bagus walaupun Anda sering menggunakan computer. Namun, RAM yang telah dilengkapi dengan heat speader ini dijual dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan RAM biasa pada umumnya.

8. Pilihlah yang memiliki angka latency lebih rendah

9. Pilih RAM yang memiliki slot sama

   Sebelum Anda memutuskan untuk membeli RAM murah, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu memeriksa slot dari peranggkat yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan, RAM yang tidak memiliki bentuk yang sama dengan slot tidak dapat  digunakan. Pastinya, hal tersebut akan membuang-buang uang.

10. Perhatikan kapasitas RAM

   Sebelum memutuskan untuk membeli RAM murah Anda juga harus memperhatikan kapasitas dari memori RAM computer yang Anda miliki. Jangan sampai Anda salah membelinya dan malah hanya akan membuat RAM tidak bisa digunakan.

11. Sesuaikan dengan spesifikasi dan juga frekuensi

   Poin yang satu ini penting untuk Anda lakukan apabila Anda berniat untuk menambah ataupun mengupgrade jumlah dari RAM tersebut. Maka, agar tetap bisa memberikan performa yang terbaik, sesuaikanlah dengan spesifikasi dan frekuensi yang dimiliki. 

   Dari 11 cara yang ada di atas, semoga dapat Anda jadikan sebagai acuan untuk bisa membeli RAM dengan  kualitas yang tinggi namun tetap dengan harga yang murah. Sekarang ini memang sudah banyak sekali RAM murah yang dijual di pasaran. Namun pastikan Anda tidak hanya terkecoh dengan harga yang ditawarkannya saja.

   Selain itu, RAM yang digunakan untuk laptop dan juga computer sangatlah berbeda. Dimana RAM yang digunakan untuk computer disebut dengan DIMM. Sedangkan, RAM yang digunakan untuk laptop disebut dengan SODIMM. Tentunya perhatikan dulu tipe perangkat yang Anda miliki sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah RAM yang Anda inginkan.

  Memang sudah banyak yang menjual RAM murah dengan kualitas yang bagus. Namun pastikan sebelum membeli, Anda memilih RAM yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. lakukanlah survey dengan mengunjungi beberapa toko agar bisa mendapatkan RAM yang diinginkan.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Tips Memilih RAM yang Murah dan Berkualitas"

Contact Form

Name

Email *

Message *