Alasan Mengapa Akibat Menatap Smartphone Terlalu Lama

BeritaKapan - Kehadiran teknologi di zaman modern seperti smartphone berbagai merek menjadikan segala sesuatu untuk informasi yang lebih cepat, mudah dan praktis. Tak sedikit pengguna aktif dengan menggunakan media sosial hingga berbasis panggilan dalam bentuk grafik (video call). Penggunaan smartphone yang kini kian hari semangkin meningkat, untuk itu seberapa lamakah kamu menggunakan smartphone dalam sehari? Mungkin saja lebih dari satu jam atau pun bahkan lebih sesuai dengan kebutuhan informasinya. Seperti teknologi sebelumnya yakni televisi akan sangat memengaruhi sebuah interaksi pola hidup sehat keluarga pada tingkatan moral yang baik.


Di era zaman yang modern, pengguna smartphone yang paling banyak di kalangan usia muda khususnya (remaja) mereka yang aktif. Ada beberapa hal yang biasa mereka akses seperti online, media sosial, panggilan video dan game online. Pada akhirnya, perilaku harus berkelanjutan atau meningkat meski ada konsekuensi negatif, termasuk membahayakan kehidupan sosial, pekerjaan, atau lingkungan keluarga. Selain itu juga dampak bagi kesehatan secara umum baik secara fisik maupun mental. Menurut sebuah penelitian dari Duke University, North Carolina, Amerika Serikat, para remaja berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk bersentuhan dengan teknologi atau smartphone akan mengalami masalah perilaku dan gejala dari ADHD atau attention-deficit hyperactivity disorder.

Akibat Menatap Smartphone Terlalu Lama (Tofros)


Ketika penggunaan smartphone dan media sosial, perlu menyikapinya dengan baik terutama bagi anak-anak terhadap orangtua khususnya untuk saling mengawasi untuk beberapa perilaku negatif, dengan demikian akan menjadi lebih cenderung panik atas perkembangan moral anak-anak mereka dan kesejahteraan umum mereka. Adapun yang lebih dikhawatirkan terutama media sosial akan merusak kaum muda dan menghancurkan kesempatan mereka untuk bahagia. Satu jam saja dalam sehari di depan layar mungkin lebih efektif dan ideal. Jean M. Twenge mengatakan, penulis utama studi ini, yang juga seorang profesor psikologi di San Diego State University, dan rekan-rekannya memeriksa data yang tersedia dari sebuah survei besar terhadap lebih dari satu juta remaja Amerika seperti dikutip dari eurekalert, Kamis (1/2/2018).

Ada beberapa alasan penting mengapa akibat menatap smartphone terlalu lama bahkan berjam-jam seharian bermain smartphone bagi kesehatan:

Masalah Kesehatan Mata

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Profesor Steven Gortmaker menjelaskan bahwa layar smartphone memiliki sinar biru yang dapat merusak retina mata bila organ penglihatan bila terlalu sering digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Jangankan sepanjang hari, satu jam melihat layar smartphone saja menurut guru besar sosiologi kesehatan Harvard tersebut, sudah bisa menyebabkan otot mata tegang dan mata kering.

Dikutip dari CuriousMob, The Vision Council’s 2005 Digital Eye Strain Report mengatakan bahwa 37% dari para penggemar smartphone menghabiskan minimal 9 jam untuk melihat smartphone mereka. 7 dari 10 orang, melaporkan bahwa mereka mengalami ketegangan mata seperti mata kering, iritasi, kemerahan, dan bahkan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan, serta rabun dekat.

Terkena Penyakit Sindrom Metabolik

Menurut Victoria L. Dunckley, pakar kesehatan internasional, kebiasaan buruk setiap orang yang sering dilakukan seperti bermain game dengan smartphone hingga lupa waktu, akibatnya kurang tidur, jadi malas olahraga dan rentan stres. Akibatnya, sindrom metabolik seperti penyakit obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi tidak bisa dihindarkan.

Gangguan Sikap dan Perilaku Emosional

Salah satu sikap emosional bagi penggemar smartphone yakni kan lebih sering marah-marah dan mudah tersinggung. Selain itu juga ada beberapa perubahan perilaku yang mengarah ke introvert, penyendiri, atau bahkan menutup diri dari kehidupan sosial.

Menurunnya Interaksi Di Dunia Nyata

Secara keseluruhan, seperti dilansir dari Medical News Today, penelitian tersebut menemukan bahwa remaja yang gemar menatap di depan layar smartphone rata-rata kurang bahagia, dari pada mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam kehidupan nyata.

Ada beberapa akibat dari peristiwa tersebut atau memiliki interaksi sosial tatap muka lebih berkorelasi dengan lebih banyak, saat mengirim SMS, bermain video game, menggunakan media sosial. Di sisi lain di sinilah hal moderat masuk. Sebenarnya, remaja yang paling bahagia dilaporkan menggunakan media digital sedikit di bawah 1 jam setiap hari.

Menurut hasil survei tersebut mencakup beberapa pernyataan tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan remaja untuk smartphone, tablet, dan komputer mereka, serta seberapa sering mereka berinteraksi dengan teman sebayanya. Ketika para remaja juga ditanya tentang tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan mereka secara umum. Komunikasi verbal merupakan cara terbaik untuk lebih mengenal satu sama lain dan bersosialisasi dengan orang-orang.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Alasan Mengapa Akibat Menatap Smartphone Terlalu Lama"