Pengertian dan Macam-Macam Jenis Mouse Komputer

BeritaKapan - Komputer menjadi salah satu perangkat komunikasi yang keberadaanya tentu sering atau banyak dijumpai di sekitar Anda bukan?. Ya, computer sendiri bahkan dapat dikatakan sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan manusia mengingat sangat membantu banyak kegiatan. Untuk bisa menjalankan computer ini, dibutuhkan beberapa perangkat untuk mengoperasikannya salah satunya yaitu mouse. Tanpa adanya mouse, tentu akan terasa sedikit kesulitan untuk melakukan suatu pekerjaan yang menggunakan komputer. Kecuali jika Anda berkerja menggunakan laptop, Anda bisa tidak menggunakan mouse karena perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan mouse yang biasa disebut dengan touch pad.

Karena perkembangan teknologi sekarang ini sudah semakin berkembang, membuat perangkat mouse juga mengalami perkembangan yang cukup canggih. Mulanya perangkat yang satu ini berukuran lebih besar daripada mouse saat ini. Bukan hanya itu saja, dulunya mouse masih menggunakan bola pada bagian bawahnya yang digunakan sebagai alat penggeraknya. Namun, semakin berkembangnya zaman dan teknologi keberadaan mouse saat ini sudah menggunakan Mouse Optical maupun Mouse Wirelless.



Pengertian dan Fungsi Mouse

Mouse yaitu suatu perangkat yang digunakan untuk mengontrol computer bersama dengan bentuk pointer. Cara kerja mouse sendiri sesuai dengan perintah penggunanya, karena pointer hanya bisa berjalan dengan cara dimainkan tangan oleh penggunanya. 

Tanpa adanya mouse pengguna masih bisa bekerja yaitu dengan menggunakan keyboard sebagai pengganti mouse. Akan tetapi, untuk kinerja dan kecepatannya akan menjadi lebih lambat dibandingkan dengan Anda menggunakan mouse.
untuk fungsi mouse yaitu digunakan untuk mengatur pergerakan kursor secara cepat. Tak hanya itu saja, fungsi mouse juga untuk memberikan perintah dengan menekan tombol yang berada pada mouse. 

Untuk fungsi lain mouse antara lain :
  1. Memperbesar dan memperkecil tampilan
  2. Dijadikan sebagai penggerak pointer baik untuk klik, drag dan drop
  3. Digunakan untuk melakukan scrolling di layar dengan menggunakan roda scroll yang terdapat pada mouse
  4. Untuk melakukan konversi dan instruksi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh system computer
  5. Apabila di klik dua kali akan berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi
  6. Dapat digunakan untuk sebagai perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, yaitu pada tombol kanan mouse.

Bagian-Bagian Mouse

Umumnya, mouse mempunyai 3 bagian, dan pada setiap bagian mempunyai fungsinya masing-masing yang antara lain meliputi :
  1. Klik kanan, berfungsi untuk melihat perintah yang bersifat pengaturan
  2. Klik kiri, berfungsi untuk menyeleksi atau memilih file, membuka link, menjalankan perintah, dan mengklik pada bagian tombol dialog.
  3. Scroll, berfungsi untuk menggerakkan tampilan halaman layar dari atas ke bawah maupun sebaliknya.


Jenis-Jenis Mouse

Melihat berkembangnya dunia teknologi yang semakin maju, maka hal tersebut berdampak pula pada perkembangan mouse. Awal kemunculan mouse mempunyai bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran yang biasa dilihat sekarang. Dan di bawah ini ada beberapa jenis mouse yang akan dibahas dan bisa dilihat pula perbedaannya.

- Mouse Trackball

Jenis mouse yang pertama yakni mouse track ball yang dapat dengan mudah Anda kenai karena Anda dapat melihat perbedaan dengan mudah. Ya, mouse ini diletakkan secara terbalik dan Anda akan melihat bola kecil yang digunakan untuk menggerakkan pointer.

- Mouse optical

Merupakan jenis mouse  yang sudah menggunakan teknologi optic agar dapat menggerakkan pointer yang diletakkan pada bagian bawah mouse. Selain dapat dilihat perbedaannya berdasarkan portnya, berikut beberapa mouse yang termasuk dalam kategori mouse optical

- Mouse serial

Mouse jenis ini merupakan mouse yang digunakan pada zaman computer Pentium 1 hingga computer 3. Dilihat dari bentuk portnya, ternyata mouse serial ini masih memakai atau menggunakan port serial yang mempunyai beberapa pin pada ujung portnya.

- Mouse PS2

Mempunyai  perbedaan pada bagian ujung portnya, yakni dengan ciri pada bagian ujung kabel berwarna hijau. Warna hijau inilah yang membedakan peletakan mouse dan keyboard di bagian port I/O CPU. Apabila pada ujung port mouse berwarna hijau, maka pada ujung port untuk keyboard berwarna ungu.

- Moude USB

Adalah jenis mouse yang paling umum digunakan saat ini mengingat mouse tersebut sangat kompatibel dengan tipe computer di zaman sekarang. Bila dilihat dari bentuknya, mouse USB ini mempunyai bentuk port pada ujungnya.

- Mouse wireless

Kecanggihan dari mouse sekarang ini menghadirkan mouse dengan fitur wireless. Mouse jenis ini memang lebih praktis karena sudah tidak lagi menggunakan kabel, sehingga dapat digunakan apabila jarak dari mouse dan computer berjauhan.

Selain lebih praktis, jenis mouse wireless ini ternyata mempunyai kekurangan. Hal ini dikarenakan mouse ini harus menambahkan baterai yang ditambahkan pada mouse sehingga Andapun harus menggantinya secara berkala apabila daya baterai tersebut sudah habis.

Jenis Mouse Terbaik

Dalam membeli mouse, maka Anda harus melihat terlebih dahulu tujuan dari penggunaan mouse itu sendiri. Apakah untuk dijadikan penggunaan sehari-hari dengan computer desktop, laptop maupun tablet.  Atau bisa  juga mouse yang Anda butuhkan adalah mouse stAndar untuk browsing atau untuk memenuhi kebutuhan game saja. Dan di bawah ini, terdapat beberapa jenis mouse terbaik untuk referensi Anda sebelum membeli.

- Logitech MX Master

Adalah merk mouse unggulan yang dikeluarkan oleh Logitech  dan sudah menjadi adalah satu mouse terbaik saat ini. Mouse yang satu ini mempunyai desain yang sangat nyaman ketika digunakan, dapat terpasang hingga tiga perangkat dan dapat terhubung dengan baik melalui Bluetooth atau USB dongle.
Untuk harganya, mouse ini terbilang mahal, akan tetapi kontur yang dihadirkan sangat nyaman, kontruksi kokoh dan tombolnya pun bisa disesuaikan.

- Microsoft Bluetooth Mobile Mouse 3600

Termasuk dalam mouse yang terbilang klasik yang sangat baik serta harganya yang terjangkau. Mouse buatan Microsoft ini sudah menggunakan Bluetooth guna terhubung dengan perangkat , sehingga Anda tidak memerlukan dongle yang memakan ruang USB port.
Mempunyai desain yang cukup nyaman digunakan, baik untuk pengguna kanan maupun kidal. Dan secara keseluruhan mouse ini sangat direkomendasikan karena bisa digunakan secara mobile dimanapun.

- Razer Deathadder Chroma

Sangat tepat jika mouse ini menjadi salah satu mouse terbaik saat ini. Selain harganya yang terjangkau, mouse gaming ini menghadirkan desain yang ergonomis, kinerja yang sangat baik dan banyak pilihan kustomisasi. Terlebih pada versi terbaru Deathadder Chroma yang sudah menggunakan sensor optic 10.000 CPI.

- VicTsing MM057

Menggunakan dongle untuk bisa terhubung sehingga tersedia banyak solusi yang tersedia. Perlu diketahui bahwa mouse ini tidak diperlukan driver, Andapun tinggal plug Anda play. Terdapat lima pilihan DPI yang tersedia 800, 1200, 1600, 2000 dan 2400. 

Mouse ini bisa terhubung hingga jarak yang mencapai 15 meter yang tentunya dapat memudahkan Anda tanpa harus dekat dengan computer. Dengan adanya informasi mengenai beberapa point penting mouse di atas, diharapkan dapat membantu Anda untuk mendapatkan mouse  yang sesuai dengan keinginan Anda.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Jenis Mouse Komputer"