Rumbah Bongko Uleg Kacang Panjang Tetap Primadona

BeritaKapan - Rumbah menjadikan salah satu istilah makanan sehat (vegetarian) yang pedas lagi segar rasanya. Rumbah uleg merupakan sayuran hijau seperti kacang panjang yang diolah dan dibumbui dengan saus kacang yang nikmat. Saus kacang yang pedes juga dicampuri dengan irisan cabe untuk menambah cita rasa pedas yang lebih sensasional. Di daerah jawa tentu banyak sekali variannya seperti halnya sambel pecel, sambel pecok dan rumbah bongko kacang panjang khas Indramayu tetap primadona. Selain kacang panjang ditambah lagi bongko (lontong), kangkung dan tauge. Rumbah tersebut lebih nikmat bila disiram dengan sambel kacang pilihan plus bakwan gorengnya.



Sayuran segar lagi menyehatkan seperti kangkung, kacang panjang, tauge, timun, kol, dan beberapa jenis sayuran lainnya. Di sisi lainnya kacang panjang yang dikukus atau direbus diberi air sedikit lunak ditambah kucur sambel kacang pilihan atau dengan cara di uleg. Selain rumbah ada juga Urap Kacang Panjang, yang nantinya akan dipadukan secara khusus dengan toge yang dibumbui dengan kelapa parut. Makanan ini mempunyai rasa tersendiri begitu khas. Dilansir dari laman resepnusantara, rasa khas makanan ini berasal dari bumbu memberikan kenikmatan yang memanjakan lidah menangkal perut yang amat sangat lapar. Sehingga membuat ketagihan bagi yang menyantapnya.

Bumbu saus kacang


  • Kacang tanah matang
  • Cabai rawit
  • Asam jawa
  • Garam
  • Gula Jawa/merah/aren
  • Air


Untuk tahapan selanjutnya, anda bisa menguleg-uleg sampai lembut dan ditambahkan sayuran hijau seperti kacang panjang serta lainnya. Lalu taburkan bawang goreng yang gurih dan renyah. Tertarik untuk membuatnya? Coba deh.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Rumbah Bongko Uleg Kacang Panjang Tetap Primadona"