Cara Membersihkan Spons Cuci Piring Terhindar Dari Kuman Penyakit

BeritaKapan - Menggunakan spons dalam mencuci piring maupun gelas seperti alat dapur lainnya tentu sampai bersih. Mungkin seringkali mencuci piring yang banyak sekali minyak dan lemak makanan yang menempel, sehingga sedikit sulit untuk dibersihkan. Mencuci piring, mangkuk dan perabotan dapur menggunakan spons dapat membantu membersihkan semua noda dan kotoran. Untuk itu disarankan selalu menjaga kebersihannya karena dapat menjadi sarang kuman dan bakteri. Spons seringkali menjadi tempat favorit mikroba untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, spons bisa sangat kotor dan terkontaminasi bakteri, lumut dan jamur lebih banyak daripada holder sikat gigi.



Ilustrasi Mencuci Mangkuk Copyright Pixabay



Berikut seperti yang dilansir Republika, menurut spesialis mikrobiologi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Yulia Rosa Saharman, Sp.MK menjelaskan, jangan membiarkan spons tergenang di bak cuci piring merupakan kesalahan. Mengapa demikian? Karena spons tersebut harus sering di bersihkan dari sisa busa-busa sabun dan kotoran yang menempel kemudian di keringkan. Dengan hal ini jangan sampai bakteri berkembang biak dengan bebas, apalagi kondisinya lembab. Menurut studi Scientific Reports pada 2017, peneliti menemukan ada 362 jenis bakteri yang bersembunyi di dalam spons jika tidak dibersihkan.

Spon cuci piring memang bentuknya mungil persegi dan tidak terlalu besar namun banyak manfaatnya. Spons mudah di genggam saran sebelum di gosok dilakukan terlebih dahulu di siram dengan air, kemudian gosok secara perlahan dengan menggunakan sabun lalu bilas dengan air sampai bersih. Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan dan menjaga kebersihan spons agar terhindar dari penyakit:

Rajin Mencuci Spons


Setiap hari pastinya kegiatan ibu rumah tangga sering mencuci piring, alat bantu kebersihan seperti spons pasti berhubungan dengan sisa makanan untuk segera dibersihkan tentunya, jika di biarkan terlalu lama akan menimbulkan bau tidak sedap dan kerak noda. Untuk itu sesegera mungkin dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman atau bakteri yang dapat menimbulkan penyakit seperti mual,diare dan lain sebagainya.

Cuci Spons Direndam Sabun Anti Bakteri dan Air Panas


Mencuci spon yang banyak lemak dan minyak apabila tidak segera di bersihkan bau tak sedap pun cukup menyengat. Untuk membersihkannya ada cara sederhana cukup merendam spons dengan sabun anti kuman dan air panas hingga 5-10 menit, kemudian cuci hingga bersih. Selain itu juga juga bisa merendam spons dalam larutan cuka untuk mengurangi kuman dan bakteri. Lalu keringkan.


Ganti Spons Secara Berkala

Supaya spons tidak menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit, gantilah spons minimalnya sebulan sekali. Karena jika spons sering digunakan dan jika tidak menggantinya, maka spons tersebut lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri dan kuman. Untuk itu jangan sampai menjadi sarang kuman penyebab penyakit.

Itulah beberapa tips sederhana yang mungkin di coba untuk membersihkan spons? Mari untuk lebih rajin membersihkan spons sehingga tidak ada bakteri berkembang biak di dapur.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Cara Membersihkan Spons Cuci Piring Terhindar Dari Kuman Penyakit"

Contact Form

Name

Email *

Message *