6 Manfaat Ketela Pohon Sumber Energi

BeritaKapan - Ketela pohon merupakan sejenis umbian yang memiliki beragam manfaat lebih dan menjadikan sebagai sumber energi yang mengandung banyak karbohidrat. Manfaat yang banyak dari ketela pohon atau singkong yang dapat diolah menjadi sebagai bahan makanan seperti  keripik, getuk, tape dan klepon. Mungkin bagi anda tidak disadari masih banyak lagi olahan dari ketela pohon karena setiap daerah yang berbeda. Mungkin saja untuk mencoba memasak singkong rebus saja karena beragam manfaat seperti protein dan sumber energi, karena 1 kilogram singkong dapat diketahui sekitar 3750 kkal.  Dengan hal ini singkong sangat cocok untuk sumber energi harian yang dapat menjaga kondisi kesehatan tetap prima.

Olahan Makanan Ketela Pohon Copyright Pixabay



Perlu diketahui bahwa singkong juga mengandung senyawa bioaktif. Senyawa bioaktif merupakan senyawa kimia yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan, untuk mencegah kanker dan penyakit jantung. Mungkin tidak anda sadari jika mengkonsumsi ketela pohon terdapat manfaat lebih tersembunyi didalamnya. Berikut ini ada enam manfaat mengejutkan dari ketela pohon yang tidak disadari seperti dilansir mercola.com.


Sumber Karbohidrat


Umbi ketela pohon terdapat kandungan karbohidrat 34,00 gram per 100 gram didalamnya. Singkong rebus juga dapat menjadi asupan kalori yang sangat dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsi singkong maka tubuh kita menjadi lebih berenergi untuk menjalankan aktivitas keseharian.

Mencegah Diabetes


Bagi penderita diabetes pasti sudah paham akan beberapa pantangan yang harus di hindari, diantaranya mengurangi makanan dan minuman manis. Agar kadar gula di dalam tubuh tetap seimbang maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi ketela pohon. Ketela pohon juga bisa menjadi makanan alternatif pengganti nasi, Jadi kurang baik bagi penderita diabetes. Untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh kita bisa menggantinya dengan mengkonsumsi ketela pohon.

Memproduksi Sel Darah Merah


Kandungan asam amino esensial yang ada di dalam singkong, berkhasiat untuk mergenerasi sel-sel yang ada di tubuh. Zat tersebut dapat membantu untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, sehingga nantinya bisa berfungsi dengan baik lagi. Keberadaan sel darah merah dalam tubuh untuk membatu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh, serta memproduksi karbon dioksida, mulai dari ujung kaki hingga kepala, sel darah merah juga bisa disebut dengan eritrosit.

Menjaga Berat Badan

Umbian ketela pohon bisa dapat dikonsumsi sebagai keripik dan di jadikan sebagai cemilan atau bahkan singkong rebus dipagi hari. Dengan hal ini akan mendorong anda  terasa kenyang untuk memacu aktivitas keseharian. Agar tetap terjaga kondisi berat badan anda tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi singkong rebus setiap saat.

Menurunkan Kolesterol

Singkong selain dapat menjaga berat badan yang juga dapat membantu untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol yang dapat menyumbat aliran didalam darah merespon dengan memecah LDL (kolesterol "buruk"). Singkong juga memiliki kandungan serat yang tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan (BAB), mencegah kolesterol dan menstabilkan tekanan darah.

Memperkuat Sistem Imun

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C didalam singkong dapat menjaga kekebalan tubuh Anda dalam kondisi tetap prima. Vitamin C sangat berperan penting dari dalam singkong untuk meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi, sehingga kekebalan Anda dapat berkembang. Nah untuk itu mulai dari sekarang tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi singkong yang memiliki beragam manfaat bagi kesehtan tubuh kita.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "6 Manfaat Ketela Pohon Sumber Energi"