Cegah Demam Berdarah Dengan Memenuhi Cairan Tubuh

BeritaKapan - Demam berdarah atau gejala yang di sebut dengan DBD salah satu penyakit dapat di tularkan melalui serangga nyamuk bernama virus dengue. Penyakit demam berdarah harus dicegah sejak dini mungkin karena untuk memenuhi cairan tubuh memang sangat di perlukan. Apabila terinfeksi dari gigitan nyamuk Aedes Aygepty suhu badan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu juga walau pun sudah di kompres yang tidak kunjung menurun, menurunnya trombosit dalam darah, badan terasa demam atau demam menggigil serta muncul bintik-bintik merah pada pori-pori kulit. 

 Nyamuk Aedes Aygepty Copyright Pexels


Demam berdarah salah satu jenis penyakit yang berbahaya karena apabila tidak ditangani dengan serius dan cepat akan membahayakan kondisi si penderita atau pun pasien. Seperti Natural and Herbal Remedies for Dengue Prevention, telah menyebutkan bahwa demam berdarah ringan menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan hingga nyeri sendi. Demam berdarah dalam kondisi keadaan parah atau pun disebut juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), dan kematian. Nah bagaimanakah pencegahannya dalam memenuhi cairan tubuh?



Cairan Dari Jus Buah Jambu Biji


Jika tubuh kekurangan cairan apalagi kekurangan ion tubuh tentu akan mudah lemas, setidaknya dengan mengkonsumsi air mineral enam hingga delapan gelas per harinya. Nah bagi kondisi yang terserang penyakit DBD disarankan untuk mengkonsumsi jus jambu biji. Salah satu alasan untuk pencegahan sejak dini dengan mengkonsumsi jus jambu biji karena kandungan airya yang banyak dan berbagai vitamin yang diperlukan didalam tubuh. Jadi buah jambu biji memiliki trombinol yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat memicu pembentukan keping darah baru.

Selain itu juga dapat mengkonsumsi jus pepaya, jeruk, atau jus mangga. Kadar air memang cukup tinggi, sehingga bisa menutupi kekurangan cairan akibat merembesnya plasma darah keluar dari pembuluh.

Air Kelapa Muda 


Badan Pangan Dunia PBB (FAO - Food & Agriculture Organization) mengakui bahwa khasiat air kelapa muda sebagai zat elektrolit alami agar terhindar dari dehidrasi. Cairan yang memenuhi tubuh dapat mencegah demam berdarah dikenal dengan cairan elektrolit dan telah disebutkan dalam situs resmi FAO bahwa air kelapa muda itu secara alami dapat mencegah dan memenui cairan apabila terjangkit penyakit demam berdarah.


Segelas Herbal Daun Pepaya

Daun pepaya dapat memenuhi kekurangan cairan tubuh dan mengobati bagi yang terjangkit virus demam berdarah. Selain itu juga membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue. Anda bisa menggunakan daun pepaya sebagai obat demam berdarah alami.

  1. Ambil sekitar 50 gram daun pepaya dan mencucinya dahulu menggunakan air hingga bersih.,
  2. Tumbuk daun hingga halus,
  3. Lalu, Anda bisa mencampurkan air dan peras air tumbukan daun pepaya,
  4. Minum air daun pepaya sebanyak 3 kali dalam sehari.



Istirahat Yang Cukup

Menjaga kondisi kesehatan dengan memenuhi cairan tubuh dan istirahat yang cukup akan menambah kekuatan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan antibodi dan produksi sel darah putih. Jangan lupa juga di sarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang tinggi Vitamin C manfaatnya dengan meningkatkan antibodi dan produksi sel darah putih.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Cegah Demam Berdarah Dengan Memenuhi Cairan Tubuh"