Biji Ketumbar Beraroma Segar Baik Menurunkan Kolesterol

BeritaKapan - Bumbu masakan salah satunya dengan menggunakan biji ketumbar.  Biji ketumar bagi ibu rumah tangga memang tidak asing lagi karena setiap masakan pasti ada. Bila memasak biji ketumbar di padukan dengan garam  yang memiliki aroma yang menyegarkan untuk melezatkan setiap masakan. Bentuknya memang unik kecil lagi bulat sering kali kita jumpai pada bumbu dapur. Tahukah anda bahwa biji ketumbar dengan nama latin atau pun ilmiah yakni Coriandrumsativum L yang memiliki manfaat secara lebih.

Biji Ketumbar/BeritaKapan.com


Biji ketumbar bentuk bulat yang unik juga berwarna cokelat kehitaman dengan memiliki aroma yang khas. Seperti yang dilansir dari NaturalFoodSeries, biji ketumbar sangat dikenal unik dan poopuler sebagai Dhaniya di India dan ketumbar di Amerika. Ketumbar mengandung enam jenis asam , vitamin dan mineral yang memiliki fungsi baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu dengan memiliki fungsi yang berbeda minyak esensial dan vitamin tersebutlah yang menambah cita rasa masakan.


Biji ketumbar terkenal untuk menjaga kesehatan terutama menurunkan kolesterol karena dapat menjaga kadar glukosa darah. Senyawa seperti limonene, cineol, beta-phelandrene, dan alpha-pinene hadir dalam biji ketumbar serta karena memiliki sifat antibakteri. Selain itu juga terdapat efek samping yang dapat merangsang pada kelenjar endokri. Lalu apakah yang dapat diambi dari berbagai manfaat biji ketumbar?

Menurunkan Kadar Kolesterol Di Dalam Darah


Terdapat bagian senyawa didalam biji ketumbar tersebut juga dapat meningkatkan level insulin dalam darah. Biji ketumbar juga telah terbukti mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga sangat bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan serta menjaga kesehatan jantung. Caranya, rendam biji ketumbar dalam air semalam dan minum secara teratur.

Cegah dan Obati Osteoporosis


Biji ketumbar di bekali dengan senyawa baik yakni antioksidan seperti vitamin A, riboflavin, niasin, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium dan karoten, semuanya sangat bermanfaat dalam pencegahan osteoporosis dan kesehatan sendi. Cukup menyiapkan sekiranya 3 gram biji ketumbar diseduh dalam 150 ml air yang dikonsumsi setiap hari dapat memberikan hasil yang luar biasa.

Mencegah Diare


Kandungan yang baik dari biji ketumbar dikenal dengan nama borneol dan linalool dalam ketumbar membantu memelihara sistem pencernaan dengan baik. Biji ketumbar juga sangat baik dalam pencegahan penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri. 

Menurunkan Kolesterol

Biji ketumbar mampu menurunkan kolesterol tanpa mempengaruhi kadar kolesterol baik sehingga mencegah berbagai penyakit jantung. Jumlah nutrisi yang sangat baik asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat (vitamin C) dan asam stearat sangat efektif dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Mencegah Artritis dan Rematik

Biji ketumbar memiliki senyawa baik bagi kesehatan tubuh, selain sebagai penyedap masakan seperti asam linoleat dan cineole yang terkenal karena sifat antiartritik dan antirematiknya. Bahkan bisa mengobati radang sendi dan pembengkakan yang disebabkan oleh rematik dan radang sendi. Untuk itu jangan lupa siapkan biji ketumbar dalam setiap masakan.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Biji Ketumbar Beraroma Segar Baik Menurunkan Kolesterol"