Manfaat Gerakan Sehat Senam Hamil

BeritaKapan - Bagi para Ibunda dalam kondisi kehamilan tantunya harus menjaga kondisi fisik dan kesehatan. Selain itu juga salah satu aktivitas seperti bekerja tentunya tidak boleh melakukan pekerjaan yang berat-berat. Namun beberapa aktivitas harian pun perlu bergerak seperti halnya berjalan. Bagi para Ibunda juga yang sedang hamil direkomendasikan untuk melakukan gerakan sehat seperti senam hamil. Selain itu juga aktivitas fisik  juga merupakan  suatu kebutuhan dan terdapat beberapa aturan penting serta jangan sungkan untuk melakukannya.


Aktivitas fisik seperti salah satunya adalah senam hamil, memang sangat baik untuk dilakukan karena dapat menjaga kebugaran secara fisik ibunda yang sedang hamil. Senam tersebut juga merupakan salah satu dari aktivitas fisik yang sangat bermanfaat juga bagi kondisi janin yang ada didalam kandungan. Namun juga Ibunda juga harus perlu berhati-hati, menurut beberapa penelitian American Pregnancy Association pada tahun (2016) juga pada jurnal Exercise During Pregnancy, karena senam hamil minimal dapat dilakukan dalam 30 Menit per harinya. Salah satu contoh dari aktivitas senam hamil seperti senam bola, berjongkok, latihan angkat kaki, namun dengan kondisi ini harus sesuai anjuran seorang Bidan. 




Secara umum ada beberapa manfaat penting bagi senam hamil namun secara psikologis, senam hamil membuat Ibunda yang sedang hamil akan berpikir lebih positif karena merasa lebih siap, tenang dan nyaman untuk menghadapi masa persalinan. Nah seperti apakah manfaat sehat dari gerakan hamil?


Menjaga Kondisi Kesehatan dan Berat Badan

Untuk menjaga kondisi kesehatan ibu dan janin memang perlu melakukan aktivitas gerakan seperti senam hamil. Adapaun kondisi ini juga sangat bermanfaat karena dengan melakukan beberapa gerakan akan mengeluarkan keringat sehingga mampu menjaga kondisi berat badan agar menjadi seimbang. Selain itu juga gerakan senam hamil kurang lebihnya selama 30 menit dalam seharinya. Apabila kondisi berat seperti bekerja yang memang tidak memungkinkan, jauh lebih aman jika Anda berhenti dan beristirahat.

Menjaga Kualitas Tidur Dengan Baik


Gerakan senam hamil memang dapat membantu kondisi fisik dan psisikis jadi lebih baik. Selain itu juga melakukan gerakan senam setelahnya akan membantu memperbaiki kualitas tidur ibunda dengan baik. Salah satu contoh pada timester ketiga akan lebih mengalami kecemasan berlebih. Dengan hal ini tentunya yang berakibat munculnya depresi dan kesulitan tidur. Kesulitan tidur dapat terjadi jika kondisi kesehatannya tidak memungkinkan, akan muntuk salah satu masalah berupa penurunan durasi tidur. Masalah penelitian yang telah disebutkan diatas tadi dari senam hamil dapat meningkatkan durasi tidur ibu hamil.

Siap Menghadapi Persalinan


Secara umum dari senam hamil adalah menjaga kondisi kesehatan dan psikis secara mental ibunda dalam menghadapi persalinan nanti. Disamping itu juga, jika untuk melakukan senam hamil sangat dianjurkan untuk mencari kondisi yang aman dan nyaman. Aktivitas gerakan seperti berjalan dan menggerakkan tangan juga sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran ibu hamil, sambil mempersiapkan fisik untuk persalinan.

Salah satu contoh gerakan senam hamil seperti duduk bersila, lalu kedua tangan diletakkan di atas lutut. Lakukan gerakan ini dengan rileks. Setelahnya, bisa dilakukan dengan cara berbaring Latih pernapasan dengan tidur telentang dan kedua tangan berada di atas dada. Tarik napas dari hidung, lalu keluarkan dari mulut. Lakukan gerakan ini setiap bangun tidur pagi dan sebelum tidur malam. 


Gerakan senam hamil atau mengikuti kelas pelatihan tersebut dengan benar agar proses persalinan bisa berjalan dengan lancar dan selamat. Untuk menjaga keharmonisan jangan sungkan meminta bantuan orang terdekat anda terutama suami. Disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan senam hamil yang aman dan sesuai dengan arahan instruktur senam berpengalaman. (adv)

0 Response to "Manfaat Gerakan Sehat Senam Hamil"