Pentingnya Minum Air Putih Untuk Penuhi Cairan Tubuh Setiap Hari

BeritaKapan - Minum air putih memang sangat perlu bila dalam keadaan rasa haus berlebih dan juga sangat penting untuk memenuhi cairan tubuh kita setiap hari. Oleh karena itu pada dasarnya tubuh kita di penuhi oleh cairan yakni sekitar 70 persennya selebihnya air. Fungsi dari pemenuhan cairan untuk tubuh kita mampu menjaga dehidrasi dengan baik ketika kondisi haus berlebih. Bahkan saat kita mengkonsumsi makanan pun sangat memerlukan air, oleh karenanya selain air putih juga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh manusia. Selain itu salah satu tanda jika tubuh kita kekurangan cairan yakni ditandai dengan sejak awalnya dirasakan ketika seseorang kekurangan cairan adalah merasa haus dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya.

Segelas Air Putih/Pixabay


Mengkonsumsi air putih memang sangat baik untuk menunjang tubuh menjadi lebih sehat. Mungkin sebanyak berapa gelas dalam sehari untuk memenuhi cairan tubuh kita. Oleh karena itu apabila kekurangan air dapat menimbulkan gangguan kesehatan yakni sistem pencernaan yakni terutama pada ginjal, seperti timbulnya batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Seperti yang dilansir Self.com, apabila kekurangan cairan tubuh yakni air putih sehingga rasa capai berlebihan, lesu, dan sering mengantuk. Selain itu juga ada beberapa manfaat dan seberapa penting lagi bila mengkonsumsi air putih dalam sehari?


Minimal Berapa Gelas Dalam Sehari?


Pada Orang dewasa dalam melakukan aktivitas kerja biasanya untuk mengkonsumsi air putih sebanyak delapan gelas sehari. Menurut penelitian berdasarkan Institute of Medicine merekomendasikan agar mengkonsumsi air putih sebanyak 2,7 liter atau sekitar 8 sampai 11 gelas air dalam sehari. 


Menyalurkan Oksigen Keseluruh Tubuh


Mengkonsumsi air putih dengan minimalnya delapan gelas dalam sehari berarti sangat baik untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat yang dapat diambil dari mengkonsumsi air putih tersebut adalah dapat tersalurnya oksigen ke seluruh tubuh. Selain untuk pemenuhan cairan tubuh dengan sering mengkonsumsi air putih akan menjaga kualitas tidur anda menjadi nyenyak, dan dapat mengeluarkan ataupun menetralisir racun yang ada didalam tubuh (mendetoksifikasi).


Menjaga Sistem Pencernaan

Apabila tubuh kita kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi berlebih, sehingga dapat menyebabkan masalah gangguaan sistem pencernaan, Menurut penelitian The American College of Sports Medicinemeada setidaknya mengkonsumsi 1,7 Liter, ada beberapa penyakit yang akan timbul seperti sembelit, dan perut yang terlalu asam. Apabila kekurangan juga akan meningkatkan risiko sakit maag.


Menjaga Kondisi Tubuh Seperti Kulit dan Aktivitas Fisik

Salah satu contoh dari aktivitas fisik yakni bekerja pastinya memerlukan air putih. Ketika anda melakukan aktivitas kerja berat bila mengeluarkan air bersegeralah mengkonsumsi air putih seperti dalam kemasan botol. Kekurangan air akan membuat kulit kita terlihat kering. Air putih akan membantu menjaga kulit agar tetap terjaga kelembabannya sehingga jadi awet muda. Apabila dalam kondisi cuaca panas rentan sekali kepala pusing bahkan menyebabkan kita kehilangan kesadaram, maka dari itu konsumsi cukup air.


Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secara rutin setiap hari, maka dari itu tubuh dapat mudah terserang penyakit. Selain air putih bisa digantikan untuk mencukupi cairan tubuh dengan cairan lain seperti jus buah yang rendah kalori.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Pentingnya Minum Air Putih Untuk Penuhi Cairan Tubuh Setiap Hari"