Bulan Ramadhan Berbagi Kebaikan Di Bulan Yang Spesial

BeritaKapan - Mamasuki hari yang kesebelas di bulan suci Ramadhan 2019 merupakan suatu momen spesial. Bulan Ramadhan seringkali disebut sebagai salah satu bulan yang spesial bilamana seorang umat muslim melakukan beribadah berpuasa, sahur hingga shalat tarawih. Bulan ini dapat dikatakan oleh setiap umat muslim dunia pun mengatakan bahwa bulan yang penuh berkah. Mengapa dengan demikian, oleh karenanya bulan yang penuh berkah juga sebagai ladangnya berbagi kebaikan. Orang yang berpuasa tentunya harus belajar lebih sabar lagi seperti halnya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman serta menahan hawa nafsu berupa syahwat. Dibulan Ramadhan sendiri menjadikan tantangan sendiri, selain menahan lapar dan sabar dan juga menjaga lisan merupakan salah satu sunnahnya Nabi dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.


Berbagi Kebaikan Berbuka Bersama/Pexels


Berbagi Kebaikan di bulan yang spesial tak kan kalah menarik dibulan yang lainnya. Bulan yang satu ini memang unik dari biasa yang disebut umat muslim karena lebih baik dari seribu bulan. Bulan ini diklaim karena cocok untuk berbagi kebaikan dan mendapat pahala yang tiada putusnya. Seperti halnya satu senyuman kepada orang lain karena itu bernilai sedekah lagi besar pahalanya. Sesungguhnya bagaimana agar di bulan Ramadhan lebih baik dan tentunya lebih produktif dan bermanfaat bagi orang sekitar terutama keluarga sendiri dan lingkungan sekitar. Lalu bagaimana jika bulan Ramadhan yang spesial dan penuh berkah ini, Anda berbagi kebaikan dengan orang lain?



Sikap Saling Berbagi Kebaikan


Salah satu contoh kegiatan produktif dan bermanfaat di bulan Ramadhan adalah dengan berbagi terhadap sesama. Sikap saling berbagi merupakan salah satu contoh dan perilaku baginda Nabi Rasululah SAW, dan mejadikan sesuatu yang telah menjadi kebiasaan umat muslim didunia. Salah satu contoh sikap saling berbagi kebaikan sejak sekolah pun Anda diajarkan untuk memiliki rasa empati dan peduli terhadap sesama.


Mengadakan Kegiatan Sahur dan Berbuka Bersama


Keakraban umat muslim dan lain pun perlu adanya sikap terhadap saling berbagi dan peduli sesama. Karena itu pun pada hakekatnya manusia adalah makhluk sosial yang bila mana mungkin melakukan kegiatannya sendirian. Salah satu kegiatan ibadah sunnah untuk menjaga silaturahmi mengadakan kegiatan seperti sahur dan berbuka bersama. Kegiatan tersebut mungkin saja sering dilakuan, namun itu merupakan salah satu kegiatan positif penuh berkah.

Berbagi Buku atau Barang Tak Terpakai


Kita sebagai manusia tentu sebagai makhluk sosial perlu berbagi terhadap sesama sama dengan silaturahmi. Mengadakan kegiatan berbuka bersama anak yatim-piatu, membagikan makanan untuk sahur dan berbuka ke masjid/tunawisma, hingga menyumbangkan barang-barang pribadi yang masih layak pakai. Karena tujuan utama berbagi itu adalah niat tulus dan ikhlas penuh keridhoan dibaliknya, selain itu juga besar pula pahala yang akan didapatkan.


Mengajar Ngaji dan Membaca Buku Serta Belajar Bersama

Berbagi kebaikan mulai dari suatu hal terkecil, karena bulan Ramadhan bulan yang penuh baik lagi banyak pahala. Beribadah tentu dengan baik dan dengan penuh keikhlasan, melakukan kegiatan positif tanpa pamrih seperti contohnya mengaji atau membaca buku-buku rohani dan belajar bersama.


Merencanakan kegiatan positif di bulan Ramadhan 2019 ini dari pada tidur setelah sahur, kamu bisa mengingat-ingat apa saja yang ingin kamu lakukan hari itu dan luangkan waktu senggang yang bisa kamu lakukan untuk me time dan meet-up. (Adv)

0 Response to "Bulan Ramadhan Berbagi Kebaikan Di Bulan Yang Spesial"