Tips Yang Bisa Anda Terapkan Saat Mengalami Diare

BeritaKapan - Sakit diare merupakan salah satu kondisi bilamana Anda buang air besar dalam frekuensi yang lebih sering dan dengan massa feses yang lebih lembek atau bahkan cair. Ada banyak sebab yang bisa menjadikan tubuh seseorang mengalami diare dari sebab infeksi bakteri penyebab diare hingga efek samping penggunaan obat tertentu. Diare juga merupakan gejala menimbulkan banyak penyakit lainnya seperti misalnya penyakit maag, types, penurunan sistem imun dan sebagainya. Oleh karena itu proses penyembuhan diare sendiri sangat beragam caranya sesuai dengan penyebab diare itu sendiri.


Ilustrasi Sakit Diare/Rawpixel

                        
Pada saat mengalami sakit diare, Anda akan kehilangan banyak cairan tubuh karena sekresi yang berlebihan. Di dalam cairan tubuh tersebut bisa jadi juga banyak cairan elektrolit yang terbuang dimana sebenarnya tubuh masih memerlukannya. Karena itu, dehidrasi menjadi efek samping dari diare yang umum terjadi sehingga pasien diharapkan mengimbanginya dengan banyak minum air putih atau diberikan infus jika melakukan rawat inap. Penyebab lain dari terjadinya diare adalah kurangnya zat besi di dalam tubuh sehingga tubuh mengalami pendarahan dalam dan diare. Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare menjadi tak boleh ditinggalkan untuk menghindari pasien mengalami anemia dan dehidrasi dalam waktu bersamaan.



Lalu apa yang sebaiknya dilakukan saat terkena diare? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa meringankan gejala diare Anda dan membantu menyembuhkannya:

  1. Minum air mineral atau air elektrolit dalam jumlah lebih banyak.
  2. Tetap makan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi.
  3. Mengkonsumsi suplemen seperti zat besi.
  4. Mengkonsumsi obat diare misalnya arang aktif untuk diare karena keracunan makanan atau attapulgit aktif untuk diare yang tidak diketahui penyebabnya.
  5. Mengkonsumsi probiotik untuk kesehatan saluran cerna dimana probiotik akan membantu menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat dengan mengalahkan bakteri jahat penyebab penyakit.
  6. Berkonsultasi dengan Dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.


Dalam kondisi tersebut, sakit diare bisa menghilang dengan sendirinya jika penyebab diare juga telah diatasi seperti maag, stress atau konsumsi obat tertentu. Namun dengan demikian, jika sakit diare yang disebabkan karena penyakit lain yang belum diobati maka bisa jadi diare akan terus datang dan pergi.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Tips Yang Bisa Anda Terapkan Saat Mengalami Diare"