Alasan Tepat Penuhi Asupan Nutrisi Penting Sawi Hijau

BeritaKapan - Sayuran hijau lagi segar dari berbagai jenis lainnya yakni sawi hijau atau disebut dengan caisim. Sawi hijau merupakan salah satu favorit nutrisi penting terutama kesukaan penulis, namun tidak ada salahnya juga jika dari anda gemar mengkonsumsinya sebagai lalapan. Sayuran segar sawi hijau berasal dari jenis marga Brassica. Selain sawi hijau terdapat banyaknya jenis sawi hijau seperti caisim dan pakcoy, sawi pahit atau mustard greens, hingga sawi putih. Nah maka dari itu satu alasan yang sangat penting apabila mengkonsumsinya secara rutin ada hal baik pula untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Alasan utama yang paling penting dari sayuran sawi hijau menjadi salah satu favorit penulis yakni nutrisi vitamin yang terkandung dalam sawi Antara lain seperti vitamin B kompleks dalam bentuk asam folat, vitamin A yang berasal dari karoten, vitamin C, dan vitamin K.

Mustred Green/Pixabay



Disisilainya juga seperti yang dilansir Healthbenefitstimes, Nama latin dari sawi hijau adalah Brassica chinensis var. parachinensis, sawi juga memiliki kandungan berbagai mineral yang sangat penting seperti sodium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium. Meskipun dengan demikian sawi hijau juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Lalu apa manfaat lain sebagai nutrisi penting dari sayuran sawi hijau?


Sumber Energi Nutrisi Tepat


Alasan utama serngkali sayuran hijau banyak nutrisinya lagi menyehatkan dan juga suka mengkonsumsi sawi hijau karena rasanya yang cenderung sedikit pahit atau baunya yang khas jika dikonsumsi sebagai lalapan. Oleh karena itu manfaat terpenting salah satunya ditemukan fakta bahwa sawi hijau dapat mencegah kanker. Berdasarkan publikasi pada Journal Of Nutrition pada tahun 2004, kandungan  sulforaphane yang cukup banyak pada jenis sawi-sawian cukup efektif untuk mencegah kanker, seperti mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.


Menangkal Radikal Bebas


Sayuran hijau dibekali dengan senyawa yang baik bagi tubuh selain sebagai zat antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin A dan C yang tinggi ditambah dengan senyawa lainnya, membuat sawi menjadi sayuran yang mampu untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan.


Mendetoktifikasi dan Memperlancar Pencernaan


Setiap hari tentu mengkonsumsi makanan, lagi pula seringkali kita lupa akan kebutuhan nutrisi harian. Tanpa kita sadari setiap harinya terdapat berbagai zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh kita. Meskipun dengan demikian, namun seiring dengan berjalannya waktu, racun-racun tersebut dapat menumpuk dan berbahaya bagi tubuh. Kandungan senyawa baik yakni sulforaphane pada sawi menurut sebuah penelitian dapat mencegah pertumbuhan macam-macam sel kanker seperti kanker prostat, payudara, ginjal, kandung kemih, kolon, dan paru-paru.


Mencegah Sistem Imun

Salah satu cara terbaik untuk menjaga sistem imun maka dari itu rajinlah untuk mengkonsumsi sayuran hijau salah satunya seperti sawi karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Manfaat lebih dari sawi hijau untuk menjaga sistem imun tubuh juga memiliki sifat baik sebagai antiinflamasi yang dapat mencegah penyakit seperti radang.

0 Response to "Alasan Tepat Penuhi Asupan Nutrisi Penting Sawi Hijau"