Ini Penyebab dan Cara Atasi Asam Urat

    BeritaKapan - Cara Atasi Asam UratAsam Urat adalah salah satu penyakit yang dikeluhkan oleh banyak orang yang domainan dalam usia yang sudah bekerja.Pasalnya, asam urat sekarang tidak lagi diidentikkan dengan penyakit yang hanya menyerang orang lanjut usia, karena orang muda usia 30-an pun sudah mulai banyak yang menunjukkan gejala terserang penyakit ini. Penyakit yang juga disebut gout arthritis ini disebabkan menumpuknya kadar asam urat dalam darah yang tak mampu dikeluarkan oleh ginjal.



    Asam urat berasal dari hasil metabolisme purin, semacam protein yang sumbernya banyak berasal dari produk hewani dan minuman beralkohol. Purin dalam jumlah kecil bermanfaat bagi metabolisme tubuh, tetapi purin dalam jumlah banyak akan mengakibatkan penumpukan kadar asam urat yang tak bisa dikeluarkan tubuh sehingga kita pun terserang asam urat. Coba perhatikan orang-orang yang masih muda sudah terserang asam urat; mereka umumnya biasa mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang berlebihan tanpa mengimbanginya dengan makanan sumber nutrisi lain.Kadar asam urat yang normal dalam darah adalah berkisar 3,5 - 7 mg/dl seperti yang dilansir oleh meetdoctor.com.

Beberapa makanan yang mengandung kadar purin tinggi:


  1. Anchovies
  2. Jeroan (ikan sardin, ikan teri, ikan salmon, kerang dan lain sebagainya)
  3. Ikan, seperti Sardines, Mackerel
  4. Daging Merah (Sapi, Babi, Kambing), Bacon
  5. Udang, Lobster, Scallop

    Selain itu, beberapa makanan seperti: Asparagus, Jamur, Bayam, dan Beans (Tahu, Tempe), Kangkung, juga mengandung purin yang cukup tinggi sehingga timbulnya penyakit asam urat.


     Berikut ini ada beberapa Cara Atasi Penyakit Asam Urat yang harus dihindari:
  • Minuman beralkohol.
   Karena dapat meningkatkan kadar uric acid dalam darah. Alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi.
  • Obat-obatan.
   Misalnya obat untuk penyakit tekanan darah tinggi atau gagal jantung. Jika Anda akan melakukan pengobatan, beritahukan lebih dulu kepada dokter mengenai penyakit asam urat Anda.
  • Dehidrasi.
  Hal ini juga dapat meningkatkan kadar uric acid.
  • Minuman berfruktosa.
  Hindari mengkonsumsi terlalu banyak minuman dengan pemanis buatan.
  • Stress.
  • Kurangi minum Kopi karena dengan kadar kafein yang tinggi salah satu penyebab asam urat.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Ini Penyebab dan Cara Atasi Asam Urat"

Contact Form

Name

Email *

Message *