Daftar Penyakit Kulit Pada Anak

  BeritaKapan - Bila imun pada anak akan mudah terkena atau terjangkit penyakit. Apalagi kulit anak-anak yang rentan terhadap penyakit kulit. Ada beberapa penyakit kulit disebabkan oleh bakteri jahat dan sistem kekebalan tubuh anak masih lemah untuk melawannya. Tandanya pun beragam, mulai dari kemerahan hingga bintik-bintik. Kondisi tersebut bisa jadi adalah gejala infeksi atau alergi.


Daftar Penyakit Kulit Pada Anak



1. Biang keringat

   Biang keringat sering terjadi pada kulit anak karena rentan terkena penyakit yang masih sensitif. Penyebab biang keringat adalah tersumbatnya saluran keringat. Adapun gejalanya antara lain bintik-bintik seperti jerawat di beberapa bagian tubuh, seperti kepala, leher dan bahu. Biang keringat biasanya disebabkan pakaian yang terlalu tebal, panas, atau tidak menyerap keringat.


2. Kurap

    Infeksi kulit yang disebabkan jamur yang hidup di dalam kulit mati, rambut, dan jaringan kuku. Gejalanya adalah kulit kemerahan dan bersisik, lalu membentuk pola seperti cincin. Kulit pun terkelupas, gatal dan melepuh. Penularan kurap dapat terjadi saat bersentuhan dengan orang lain atau hewan yang terkena kurap. Cara pengobatan kurap adalah salep anti jamur.

3. Impetigo

 Kurang menjaga kebersihan membuat anak rentan terkena impetigo yang disebabkan infeksi bakteri stafilokokus atau streptokokus. Impetigo membuat kulit menjadi kemerahan atau melepuh yang berisi cairan dan berkerak. Usahakan agar anak tidak menggaruk sebab impetigo bisa menyebar ke bagian kulit lain. Penularan impetigo dapat melalui sentuhan kulit atau berbagi barang seperti handuk dan mainan. Anda dapat menggunakan obat antibiotik untuk menghentikan penyebarannya.


4. Kutil

   Kutil dapat menular dengan bersentuhan dengan orang lain yang terinfeksi papilloma, penyebab kutil. Kutil biasanya tumbuh di tangan atau di jari. Cegah penyebaran kutil dengan mencabutnya hingga ke akar dan balut dengan perban.

Subscribe to receive free email updates: