Sudah Dewasa atau Belum ?

BeritaKapan - Sudah Dewasa atau Belum ya ? Sikap pribadi yang dewasa ada yang sudah dimiliki sejak remaja dan ada pula hingga usia dewasa baru memilikinya. Berapa usia Anda sekarang? Masih belasan tahun, awal 20-an, atau mungkin sudah di akhir usia 20-an. Usia memang bukan satu-satunya penentu kedewasaan seseorang. Setiap orang berbeda mengenai sikap pendewasaannya. Melainkan berdasarkan pengalaman yang dialaminya terutama banyak faktor yang mempengaruhinya seperti lingkungan, lingkaran pertemanan, dan karakter diri Anda sendiri.




   Berbicara tentang menelaah dan menyikapi dewasa sampai saat ini standar baku kapan dan dalam usia berapa tahun seseorang dikatakan dewasa masih belum ditemukan. Karena ternyata tidak ada ukuran tunggal untuk menentukan kedewasaan, kedewasaan bukan hanya menyangkut umur atau status tertentu, melainkan juga banyak bidang lain seperti perasaan, sikap, pandangan, orientasi, perilaku atau lainnya. 


Sikap Dewasa Secara Umum


1. Dewasa secara fisik

   Perkembangan secara fisik memang bukan tebakan melainkan wijud secara yang nyata dapat terlihat secara langsung. Selain perkembangan menonjol pada usia remaja menandakan sekaligus yang membedakan pria dan wanita.

2. Dewasa secara psikologis

   Yang ditandai dengan kemampuan secara psikologis untuk menyelesaikan masalah dan konflik-konflik yang terjadi dalam kehidupan.

3. Dewasa secara social-ekonomi

    Memiliki sikap dewasa secara ekonomi berati sudah memiliki kemampuan seseorang untuk mandiri, membiayai kebutuhan hidup sendiri dan menangani berbagai hal dengan kemampuan sendiri.

Arti Sikap Mendasari Dewasa Sebenarnya


1. Kesabaran dan Kebijaksanaan

    Walaupun anda contohnya yang sudah dewasa, belum tentu bisa bijaksana. Sikap ini hanya orang yang suka sabar dan tau sisi baik secara bijak untuk menempatkan sesuatu demi kebaikan. Anda semakin menyadari bahwa bersikap sabar itu diperlukan tapi tidak selalu mudah untuk dilakukan. Butuh kebijaksanaan untuk bisa bersabar.

2. Paham Kemampuan Diri Sendiri

    Sebagai contoh penerapannya anda sebagai siswa atau mahasiswa saat menghadapi ujian berani untuk menjawabnya bukan untuk mencontek karya orang lain melainkan bangga hasil karya diri sendiri. Perlu anda ketahui, Keahlian yang Anda miliki juga dimiliki orang lain. Dan banyak orang yang lebih hebat dari Anda.

3. Bertanggung Jawab Atas Diri Sendiri

    Anda adalah orang yang dewasa jika Anda sudah mulai memahami arti penting tanggung jawab. Saat Anda sudah bisa bertanggung jawab atas diri Anda sendiri dan berhenti merepotkan orang lain, maka Anda sudah bisa disebut sebagai orang dewasa.

4. Lebih Berhati-Hati Saat Memilih Makanan

   Ketika usia semakin bertambah, tubuh jadi butuh lebih banyak waktu untuk mengubah makanan jadi energi. Metabolisme tubuh Anda akan berjalan lebih lambat. Saat itulah Anda pun menyadari bahwa mengonsumsi makanan sehat itu sangat penting. Ketika lebih bijak lagi memilih makanan, Anda pun sudah masuk dalam fase menjalani kehidupan orang dewasa.

5. Merasa Dunia Berputar Lebih Cepat

    Waktu jadi terasa sangat berharga. Setiap momen dalam hidup jadi terasa semakin istimewa. Ketika Anda menjadi pribadi yang matang dan dewasa, maka Anda akan menyadari bahwa ternyata dunia terus berputar dan sangat dinamis. Jika Anda diam saja, maka Anda akan semakin ketinggalan.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat