Teknik Belajar Tidak Gampang Stres

   BeritaKapan - Belajar adalah suatu proses mulai dari mengenal, mencari tahu, dan memahami sampai mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari. Belajar sedikit demi sedikit mencoba memahami sebuah materi terkadang sulit dan bikin menyiksa ketika mengerjakan tugas. Para pelajar maupun mahasiswa, bila menemui tugas yang banyak serta belum dipahami pastinya anda merasa tertekan atau stres. Sebenarnya belajar itu seharusnya jadi aktivitas yang menyenangkan karena kita jadi bisa mengetahui banyak hal baru. Tapi jika kegiatan belajar jadi hal yang membuat tertekan dan depresi, maka kejenuhan yang akan didapat bukan sebuah pemahaman materinya.



©pixabay

Teknik Belajar Tidak Gampang Stres


   Menurut Kurikulum 2013 , belajar seru dan tidak bikin gampang stres itu memiliki tiga aspek penilaian, yaitu Aspek Pengetahuan, Aspek Ketrampilan, dan Aspek Sikap dan Perilaku. Berikut ini ada beberapa teknik belajar yang tidak bikin gampang stres sesuai mandat kurikulum baru menjadikan lebih tau banyak hal dan tentu tidak bikin jenuh.


Teknik Belajar Tidak Gampang Stres


1. Menulis Dengan Tangan

  Mencatat hal penting dengan tulisan tangan akan mempermudah untuk mengingatnya. Hal ini dijelaskan oleh Henry Roediger seorang profesor dari Washington University di St. Louis menjelaskan bahwa, menulis dengan tangan akan membuat kita berpikir lebih keras tentang materi yang kita tulis. Berbeda dengan mengetik, menulis dengan tangan terasa lebih lambat dan ini memberi kesempatan bagi kita untuk mencerna apa yang kita tulis lebih seksama. Selalu siapkan kertas dan pena untuk mencatat hal-hal penting yang Anda pelajari setiap saat.

2. Jangan Dipelajari terus, Lakukan dan Praktekan

    Tak perlu membaca materi yang sama selama puluhan kali.Berani mencoba dan mempraktikan informasi yang baru Anda terima. Salah satu caranya adalah dengan mengerjakan soal-soal atau langsung mempraktikkan apa yang baru saja Anda pelajari. Mempraktikkan sesuatu membuat otak berlatih untuk mengingat sesuatu sekaligus memperoleh kembali informasi yang pernah dipelajari.

3. Memberi Jeda Waktu

    Bila belajar terus menerus dalam satu waktu yang bersama akan membuat kita lebih mudah lupa akan semua hal yang kita pelajari tersebut. Kita memberikan jeda waktu belajar karena cara ini bisa membantu kita untuk mengingat sesuatu dalam jangka waktu lama.

4. Mencoba Membuat Soal

    Setelah mempelajari sesuatu, buatlah soal-soal atau ujian untuk diri Anda sendiri. Cara ini bisa lebih ampuh daripada hanya sekadar membaca materi yang sama berulang kali.  Kemudian jawablah soal yang anda tuliskan tadi. Hal ini sangat bermanfaat karena akan mengingat materi yang anda pelajari awet menempel di daya ingat otak.

5. Belajar Tidak Monoton

    Selain belajar monoton di sekolah, perlu juga melatih otak kanan dengan cara belajar menari, belajar musik, dan lain sebagainya untuk meminimalisirkan rasa stres belajar anda. Selain itu luangkan waktu anda untuk sedikit demi sedikit mempelajari materi lain dalam jeda waktu. Entah itu sore belajar bahasa kemudian malam sebelum tidurnya belajar mengaji.

Jangan Lupa Share Ya