Keajaiban Yang Suka Donor Darah

    BeritaKapan - Keajaiban Yang Suka Donor Darah . Donor darah merupakan salah satu kegiatan positif memberikan bantuan setetes darah anda bagi mereka yang membutuhkan. Donor darah ternyata memiliki banyak kegunanan serta manfaat bagi kesehatan tubuh pendonornya. Selain itu, fungsi peredaran darah si pendonor menjadi lebih baik dan memperlancarkan peredaran darah. Berikut ini ada beberapa manfaat sehat yang suka donor darah bagi kesehatan.


1. Mencegah Resiko Serangan Jantung


  Jika Anda cukup rajin melakukan donor darah, hal ini akan sangat membantu melancarkan peredaran darah dengan memberi kesempatan tubuh untuk memproduksi sel darah baru dalam jumlah optimal. Hal ini juga akan mengurangi risiko penyumbatan arteri dan mengurangi 88% kemungkinan serangan jantung.

2. Cek Kesehatan Gratis


    Mungkin tak ada waktu untuk mengecek kondisi kesehatan anda secara rutin. Dengan mengikuti kegiatan donor darah, setidaknya sedikit tau tentang kondisi tubuh anda. Setelah Anda donor pun, darah Anda tidak langsung diberikan kepada yang membutuhkan, namun harus melewati serangkaian tes untuk bisa dianggap aman dan sehat. Jika Anda mengalami suatu penyakit, maka pihak PMI akan memberitahu Anda secepatnya sehingga Anda bisa langsung diberi penanganan kesehatan.

3. Menjaga Keseimbangan Tubuh


   Pada orang dewasa yang sehat biasanya memiliki sekitar 5 gram zat besi dalam tubuh mereka, terutama dalam sel darah merah juga di sumsum tulang. Jika Anda mendonorkan darah, maka Anda kehilangan sekitar seperempat jumlah zat besi.


   Namun Anda tak perlu khawatir, karena nantinya zat besi baru akan diisi ulang dari makanan yang Anda makan dalam beberapa minggu setelah donasi. Hal ini justru sangat bagus karena kelebihan zat besi justru tidak baik untuk pembuluh darah.

4. Bikin Panjang Umur

   Sebuah penelitian dari Health Psychology menyatakan bahwa mereka yang mendonorkan darah mereka terbukti bisa menambah masa hidup 4 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak pernah melakukan donor darah.



   Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan karena Anda memiliki aliran darah yang lebih lancar yang dapat menurunkan risiko penyakit serius serta memiliki keseimbangan jumlah zat besi, jumlah darah, kekentalan darah serta jumlah hemoglobin yang baik.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat