6 Tips Agar Rumah Tetap Dingin Walaupun Tanpa AC

     BeritaKapan - 6 Tips Agar Rumah Tetap Dingin Walaupun Tanpa AC. Menyalakan sebuah Air Conditionair atau AC di rumah pada saat cuaca sedang panas-panasnya memang sangat menggugah selera. Namun anda harus memperhatikan tagihan listrik yang meningkat karena anda terlalu sering menyalakan AC di rumah. Nah, apakah anda mau kalau rumah tetap dalam keadaan dingin namun tagiahan listrik tidak mahal karena menggunakan AC? Jangan terlalu khawatir, berikut informasi tentang Tips Agar Rumah Tetap Dingin Walaupun Tanpa AC.


6 Tips Agar Rumah Tetap Dingin Walaupun Tanpa AC


1.Bukalah Jendela Pada Malam Hari

     Pada musim panas biasanya suhu pada malam hari menurun drastis. Kalau anda merasa panas pada saat mau tidur, cobalah untuk membuka jendela yang ada di kamar anda. Hal ini karena supaya udara dingin yang ada di luar bisa masuk ke dalam rumah. Namun anda jangan lupa untuk memasang teralis pada jendela anda, supaya rumah anda tetap aman atau jangan lupa untuk menutup kembali jendela sebelum anda benar-benar tertidur pulas.

2.Arah Putaran Kipas Angin

     Tahukah anda bahwa dengan mengatur kipas angin berlawanan dengan arah jarum jam, dan kipas tersebut dengan kecepatan tinggi, itu akan membuat aliran udara dari kipas angin menghasilkan efek angin yang cukup dingin sehingga akan membuat tubuh anda merasa lebih sejuk.

3.Menanam Pohon Disekitar Rumah

     Menanam pohon disekitar lingkungan rumah akan membuat suhu udara agak sedikit sejuk. Karena pohon tersebut dapat melindungi rumah anda dari paparan sinar matahari yang langsung masuk ke rumah anda. Lebih baiknya anda juga mempunyai tanaman hias di dalam rumah untuk menambah kesejukan udara yang begitu panas.

4.Gunakanlah Tirai Pada Jendela

     Jendela memang menjadi alat yang pas untuk mengatur suhu ruangan yang ada di dalam rumah. Pastikan anda menutup rapat-rapat jendela anda pada siang hari untuk menjaga kelembaban suhu di dalam rumah dan membukanya di malam hari untuk ventilasi alami.  Karena jika jendela anda terpapar sinar matahari langsung maka anda bisa mengakalinya dengan memasangkan tirai-tirai dengan nuansa bambu yang akan membuat suasana menjadi lebih sejuk.

5.Hindari Penggunaan Lampu Pijar

     Sebaiknya anda jangan menggunakan lampu pijar di dalam rumah. Karena cahaya yang dihasilkan lampu pijar 90 persennya berasal dari energi yang cukup panas, tentu saja dengan menyalakan lampu jenis ini akan membuat suhu di dalam rumah menjadi lebih panas.

6.Perhatikan Cat Yang Anda Gunakan

     Sebaiknya anda jangan mengecat rumah dengan menggunakan warna merah, biru, dan kuning. Cobalah untuk menggunakan cat yang berwarna teduh misalnya warna hijau. Warna hijau sangat cocok untuk mengalahkan panas yang langsung masuk ke dalam rumah anda.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat