Lima Fakta Mengejutkan Seputar Donor Darah Yang Belum Kamu Ketahui!

BeritaKapan - Lima Fakta Mengejutkan Seputar Donor Darah Yang Belum Kamu Ketahui!. Pada umumnya, hampir semua orang memang sangat membutuhkan darah. Hal ini berarti orang yang membutuhkan transfusi darah masih harus bergantung sepenuhnya pada sumbangan darah orang lain. Oleh karena itu, hingga saat ini para ilmuwan masih tidak dapat menciptakan darah buatan. Namun, sumbangan yang ada masih belum mampu mengimbangi kebutuhan darah di berbagai tempat. Nah, berikut merupakan beberapa fakta menarik tentang donor darah yang mungkin bisa membuat kamu lebih tertarik lagi untuk menyumbangkan sedikit darah untuk orang yang sedang membutuhkan.  

Lima Fakta Mengejutkan Seputar Donor Darah Yang Belum Kamu Ketahui!

Lima Fakta Mengejutkan Seputar Donor Darah Yang Belum Kamu Ketahui!

1. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat di butuhkan oleh seluruh mahluk hidup. Aliran dan volume darah merupakan salah satu faktor penting yang dapat menjaga detak jantung supaya tetap stabil. Menurut DeChristopher, M.D., Ph.D., direktur bank darah Loyola University Health System mendonorkan darah dengan teratur sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Menurut Blood Flow Online, apabila kita menyumbangkan darah secara teratur dapat membantu mengurangi kekentalan darah, sehingga memungkinkan darah mengalir lebih mudah melalui pembuluh darah dan mencapai jantung dengan lebih cepat.

2. Menurunkan Berat Badan

Apakah kamu sudah bisa untuk menurunkan berat badan? Kalau belum bisa disarannkan untuk pergi ke pendonoran darah terdekat. Hal ini karena menurut situs kesehatan LiveStrong, kamu sebenarnya bisa membakar sekitar 650 kalori dengan menyumbangkan satu kantung darah.Itu sama dengan kalori yang dibakar jika kamu berlari selama 30 menit.

3. Menurunkan Resiko Kanker

Apabila kamu menyumbangkan darah kepada orang lain dapat mengurangi resiko kanker lho! Zat besi, salah satu mineral utama didalam darah, dapat dikenal meningkatkan jumlah kerusakan akibat radikal bebas didalam tubuh. Dalam sebuah studi pda tahun 2008 menemukan bahwa mendonorkan darah membantu mengurangi simpanan zat besi, sehingga dapat mengurangi risiko kanker secara keseluruhan.

4. Air Kelapa Dapat Di Gunakan Sebagai Pengganti Darah

Air kelapa memang sangat enak untuk di konsumsi. Air kelapa selain enak untuk di konsumsi, ternyata air kelapa juga sangat bermanfaat untuk mengganti darah kamu jika darah kamu telah di donorkan kepada orang lain. Menurut ABC Science, dalam keadaan darurat, profesional medis dapat menggunakan air kelapa sebagai alternatif pengganti plasma darah. Meskipun plasma darah dan air kelapa tidak identik, air kelapa juga memiliki sekitar seperempatbelas jumlah natrium plasma darah dan tingkat kalium 10-15 kali lebih tinggi.Dalam kasus di mana tidak ada cairan infus tersedia untuk pasien yang sedang dehidrasi, sebaiknya bisa diganti dengan meminum air kelapa.

5. Darah Seorang Pria Dapat Menyelamatkan Dua Juta Bayi

Jika ada satu orang rutin untuk menyumbangkan darah seumur hidupnya, hal ini diperkirakan ia bisa menyelamatkan sekitar 1.000 jiwa. Ini merupakan angka yang sangat luar biasa. Tapi, jika ada sesuatu yang lebih menakjubkan. James Harrison mampu menyelamatkam sekitar dua juta nyawa karena golongan darahnya yang langka. Darah Harrison mengandung antibodi yang sangat tinggi yang dikenal sebagai imunoglobulin anti-D yang khusus digunakan untuk membantu bayi dengan penyakit Rhesus.

Itulah informasi mengenai fakta mengejutkan seputar donor darah. Semoga dengan artikel di atas, kamu juga bisa untuk menyumbangkan sekantong darah untuk orang yang sedang membutuhkan. Hal ini karena setetes darah sangat berguna untuk orang banyak.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat