Tujuh Makanan Sehat Pedoman Gizi Seimbang

BeritaKapan - Berbagai makanan mudah di temui di daerah sekitar anda. Mulai dari makanan untuk sarapan pagi hingga siang tentunya memilih yang sehat sesuai pedoman gizi seimbang. Pedoman Gizi Seimbang mengacu pada Nutrition Guide for Balanced Diet, yaitu hasil kesepakatan konferensi pangan sedunia pada tahun 1992, tentu ada banyak hal yang menjadi kendala. Kendala tersebut semakin diperberat dengan beberapa larangan seperti larangan mengonsumsi makanan tinggi kalori.

Alpukat Salah Satu Makanan Sehat Pedoman Gizi Seimbang 


Di dalam makanan terdapat sumber gizi misalnya, ikan mengandung banyak protein tapi sedikit kalori, sedangkan buah dan sayur kaya akan serat, vitamin, dan mineral namun sedikit protein dan kalori. Salah satu makanan berkalori yang sering dihindari mereka yang sedang diet adalah nasi. Nah bagi anda yng sedang melakukan program diet nasi berikut ini dari ke tujuh makanan sehat pengganti nasi bisa ditambahkan ke dalam menu diet anda.


1. Kembang Kol

Kembang kol salah satu sayuran yang memiliki kandungan asam folat yang banyak baik untuk mempercepat kehamilan.Selain itu dianjurkan untuk para bunda Selama hamil, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi kembang kol. Sayuran ini kaya akan folat, vitamin A, vitamin B, serta vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan janin yang dikandung. Kembang kol juga bisa jadi alternatif pengganti nasi. Kamu bisa memasaknya dengan cara yang sedikit berbeda yaitu dengan memarutnya dahulu, lalu campur bersama ikan, ayam atau sayuran lainnya.

2. Pisang 

Buah pisang juga mengandung banyak nutrisi dan zat penuh gizi, sehingga bisa menjadi pencuci mulut yang menyehatkan. Selain itu, ternyata buah pisang adalah buah yang bisa mengenyangkan karena kandungan serat pangan yang cukup tinggi.

3. Ubi Madu

Jangan lewatkan ubi madu dalam program diet kamu, karena dengan mengonsumsi ubi cilembu atau madu tidak hanya cepat bikin perutmu kenyang lebih lama, namun nutrisi yang tepat sesuai pedoman gizi seimbang terkandung di dalamnya juga dapat meningkatkan stamina tubuhmu.

4. Barley

Bagi kamu yang asing dengan makanan satu ini, barley merupakan salah satu sereal gandum yang menjadi bahan dasar dalam membuat bir. Barley mengandung banyak serat dan cocok menjadi pengganti nasi.

5. Alpukat

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Nutrition Journal melaporkan bahwa orang-orang yang menambahkan setengah alpukat segar untuk makan siang mereka akan mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga enggan untuk makan di waktu berikutnya.

6. Brokoli

Salah satu makanan berkalorirendah adalah brokoli. Kamu bisa membuat perutmu lebih kenyang tanpa nasi dengan mengonsumsi brokoli. 

7. Yogurt

Sebuah studi yang dijelaskan pada tahun 2014 lalu, Wellness Workday menerbitkan dalam Journal Nutrition menyimpulkan bahwa makan makanan ringan yang mengandung cukup tinggi protein seperti yogurt, ini salah satu cara yang tepat agar dapat mengontrol dan mengurangi nafsu makan, kenyang dan mengurangi asupan makanan berikutnya.

Jika Anda ingin program diet lancar cukup menambahkan dengan bantuan buah apel, Anda bisa makan apel terlebih dahulu setengah jam sebelum Anda makan. Ini akan membantu Anda untuk makan lebih sedikit. Seperti yang dikatakan oleh Debra Wein, RD, Presiden Wellness Workdays, “Serat dan air dari apel akan membuat Anda kenyang, sehingga Anda akan makan lebih sedikit.”

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Tujuh Makanan Sehat Pedoman Gizi Seimbang"