5 Lalapan Penurun Kolesterol Tinggi

BeritaKapan - Mengkonsumsi lalapan atau pun sayuran segar memang banyak manfaatya. Selain manfaat untuk kesehatan dan juga ada yang dapat mencegah atau pun penurunan kolesterol tinggi. Namun tidak semua orang yang suka dengan sayuran, tapi jika dikonsumsi lagi masih ssegar tertu membawa aneka manfaat lainnya. Tahukah anda lalapan biasanya dapat dengan konsumsi nasi hangat beserta sambal uleg yang memiliki rasa otentik. Tahukah anda bahwa dengan mengkonsumsi lalapan tentu memiliki manfaat kesehatan sebagai penurun kolesterol tinggi. Seperti halnya jika anda tiba-tiba naik kolesterolnya, jangan khawatir cukup mengkonsumsi lalapan segar agar dapat menurunkan kolesterol tinggi.

Ilustrasi Lalapan Copyright Shutterstock



5 Lalapan Penurun Kolesterol Tinggi


Seperti yang dilansir laman Healthline.com, konsumsi lalapan karena mengandung senyawa baik dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Nah untuk anda penasaran lalapan apa saja yang dapat menurunkan kolesterol tinggi?  Mari kita simak bersama ulasan berikut ini:


1. Kol atau Kubis

Ilustrasi Kol atau Kubis Copyright Shutterstock


Sayuran berwarna hijau merupakan lalapan favorite keluarga dirumah. Alasan lain kol menjadi andalan sayuran rumahan yang mengandung serat yang tinggi. Selain itu juga kol berguna bagi kesehatan lainnya untuk melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Selain itu sayuran ini juga memiliki kandungan sulforafan, iberin, histidin dan Cyano Hidroksi Butena (CBH) yang dapat menurunkan kolesterol.


2. Selada

Ilustrasi Selada Copyright Shutterstock


Lalapan daun selada yang hijau sudah banyak ditemui, selain memiliki rasa yang renyah dan segar juga tinggi air. Daun selada air juga sering ditemukan di rumah makan atau restaurant all you can eat yang dimakan berbarengan dengan daging panggang dan juga isi sandwich. Selada air mengandung antioksidan, vitamin C, gluconasturtiin, vitamin K dan vitamin A yang dapat melawan perkembangan sel kanker. Selada air juga dapat membantu menurunkan berat badan dan juga membantu menurunkan kolesterol tinggi.


3. Terong Bulat

Ilustrasi Terong Bulat Copyright Shutterstock


Terong termasuk sayuran atau pun lalapan yang baik bagi tubuh. Selain baik juga dapat mengendalikan resiko penyakit dan terong juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Terong bulat berwarna hijau juga sering digunakan sebagai obat alami untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik.


4. Kale

Ilustrasi Kale Copyright Shutterstock

Kale termasuk sayuran sehat yang dijadikan sebagai lalapan yang baik untuk kesehatan. Lalapan lain yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh adalah kale. Kale mengandung banyak vitamin dan lutein yang bagus untuk tubuh.


5. Buncis

Ilustrasi Buncis Copyright Shutterstock


Buncis selain dapat dimasak sebagai tumisan yang lezat, ternyata juga sebagai lalapan yang enak rasanya. Manfaat lain dari bucis mampu menjaga kolesterol dalam darah. Selain itu buncis juga memiliki banyak manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat pada buncis juga bagus untuk pencernaan.


Nah itulah dari ke 5 Lalapan Penurun Kolesterol Tinggi yang mungkin anda coba sendiri dari khasiatnya. Bagi anda yang memiliki penyakit kolesterol tinggi disarankan agar berhati-hati ketika mengkonsumsi makanan. Disarankan pula untuk mengkonsumsi sayuran segar seperti yang dijelaskan diatas tadi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Lalapan Penurun Kolesterol Tinggi"

Posting Komentar