Manfaat Timun Untuk Kesehatan Anak

BeritaKapan - Anak agar berkembang memang harus diperhatikan kondisi dan nutrisi asupannya. Diantara anak masa kini yang memang sangat sulit sekali untuk mengkonsumsi seperti sayuran. Alahkah ada baiknya bagi seorang ibu tentu berusaha keras untuk memenuhi asupan nutrisi anaknya. Asupan nutrisi untuk anak baik dari sayuran berwarna hijau memang banyak sekali macamnya. Seperti halnya salah satu contoh makanan bernutrisi adalah mentimun. Karena makanan yang mengandung nutrisi tinggi memang sangat diperlukan untuk anak untuk tumbuh berkembang dan secara optimal.Tak hanya sayuran hijau seperti mentimun dan juga buah-buahan juga tak kalah penting untuk nutrisi anak yang sehat. Meskipun jarang anak menyukainya ternyata, terdapat sepuluh kebaikan sehat dari mentimun yang sangat baik untuk penunjang kebutuhan nutrisi anak. 

Ilustrasi Irisan Timun Copyright Shutterstock


Manfaat Timun Untuk Kesehatan Anak

Walaupun kadang anak tidak suka, cobalah dengan cara di jus dan dijadikan sebagai lalapan agar anak dapat mengkonsumsinya. Lalu apakah nutrisi penting lainnya dari buah mentimun? Mari kita simak bersama mengenai nutrisi sehat dari mentimun sebagai penunjang kesehatan anak.

1. Tinggi Vitamin

Timun merupakan nutrisi terbaik untuk anak, karena setiap timun mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B6, C, E dan K yang baik untuk kesehatan anak. Seperti yang dikutip Mom Junction, vitamin A mendukung fungsi penglihatan anak, vitamin B6 memastikan jumlah hemoglobin yang sehat, vitamin C mendukung kesehatan kulit dan kekebalan tubuh pada anak. Selain nutrisi diatas tadi, terdapat vitamin K serta dipercaya yang membantu meningkatkan metabolisme tulang dan pembekuan darah pada anak.

2. Mencegah Dehidrasi

Yang paling wow dari timun yakni memiliki kandungan air hingga 96 persen. Ini dibuktikan sebagai sayuran pencegah dehidrasi. Apabila anak suka mengkonsumsi timun akan membantu menghilangkan dahaga serta mengisi kembali kebutuhan cairan di dalam tubuh pada anak.

3. Kaya Antioksidan

Menurut pakar kesehatan timun memang banyak sekali akan kandungan nutrisinya, selain itu juga menurut penelitian di National Library of Medicine menunjukkan, timun kaya antioksidan. Apabila anak rutin mengkonsumsi timun akan mencegah paparan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh anak.

4. Mencegah Penyakit Lambung

Timun sangat baik jika dikonsumsi anak, selain itu juga dapat mencegah masalah pencernaan seperti keasaman dan tukak lambung. Memberikan segelas jus timun pada anak akan membantu meringankan gangguan perut secara efektif.

5. Menghilangkan Rasa Sakit

Timun memiliki sifat analgesik, yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit secara alami. Selain itu juga flavonoid pada timun sangat bermanfaat memberikan efek baik terhadap kesehatan anak.

6. Mengobati Luka Luar

Timun dapat digunakan sebagai obat luka luar alami yang angat efektif mengurangi rasa sakit dari gigitan serangga. Selain dapat mengobati luka luat irisan pada timun juga dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak sehingga luka tidak meninggalkan bekas.

7. Mencegah Sembelit

Timun lebih dikenal sebagai salah satu buah yang tinggi akan kandungan air dan juga serat, sehingga kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk pencernaan yang sehat. Seperti yang dikutip dari Harvard School of Public Health, ternyata manfaat yang menonjol jika anak mengkonsumsi timun dapat membantu membuang racun dari tubuh anak dan mencegah risiko sembelit pada pencernaan.

8. Menyehatkan Rambut dan Kuku

Ada baiknya untuk mengkonsumsi timun pada anak, karena selain bernutrisi penting yang juga mengandung mineral silika pada timun tersebut juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kuku, sehingga lebih kuat dan tidak mudah rontok atau patah.

9. Mencegah Kanker

Gangguan penyakit atau masalah pada anak tidak ingin terjadi, oleh sebab itu seperti yang dikutip laman National Cancer Institute, timun memiliki kandungan molekul lignan yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi seperti, pinoresinol, secoisolariciresinol, dan lariciresinol yang berpotensi mencegah risiko kanker.

10 Baik Untuk Sendi

Sudah tidak bisa dipungkiri dari manfaat dan nutrisi timun, selain air yang baik juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, silika dan magnesium. Semua mineral tersebut berperan dalam meningkatkan kesehatan jaringan ikat, tulang, dan persendian.

Nah maka dari itu pula diterapkan pada anak jika mengkonsumsi makanan pokok, tidak menutup kemungkinan irisan timun yang dapat ibunda tambahkan pada asupan makanannya. Dengan hal tersebutselain nutrisi juga mineral penting yang dapat diserap oleh sistem pencernaan anak untuk menjadi sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Timun Untuk Kesehatan Anak"

Posting Komentar