5 Jenis Makanan Untuk Berbuka Puasa

   BeritaKapan - Setelah berpuasa nanti saat berbuka enaknya menyantap hidangan yang sedap lagi menyehatkan badan tapi tidak bikin gemuk asal jangan kebanyakan.Biasanya bulan Ramadhan banyak sekali aneka makanan untuk berbuka puasa.Namun tidak semua makanan itu baik dan anda harus-hati memilih makanan yang sehat.


 (C)pixabay

      Bila sudah seharian berpuasa kemudian berbuka dengan makanan yang hanya asal-asalan atau enak tapi tidak bergizi sama sekali maka akan membuat kondisi tubuh menurun dan tidak sehat.Bila Anda makan makanan yang tidak membantu menjaga kondisi tubuh Anda maka bisa saja Anda malah terkena beberapa penyakit seperti maag, kurang vitamin dan sakit kepala.Berikut ini ada beberapa makanan yang direkomendasi terdapat 5 Jenis Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa seperti yang dilansir Healtmeup.



1. Beras Merah

    Beras merah salah satu rekomendasi sumber karbohidrat yang sehat.Nasi merah memiliki serat yang tinggi yang lebih rendah gula dibanding dengan nasi putih. Mengonsumsi nasi merah membuat kenyang lebih lama dan mengontrol kadar gula. Nasi merah baik dikonsumsi untuk buka puasa ataupun saat sahur.

2. Sayuran Hijau

    Beberapa Sayuran sehat berdaun hijau dibutuhkan untuk suplai vitamin dan serat dalam tubuh. Sayur berdaun hijau mudah dicerna oleh tubuh sehingga organ dalam tubuh tidak bekerja terlampau keras untuk mencerna makanan setelah seharian tidak mengonsumsi apapun. Memasak sayuran berdaun hijau pun cukup ditumis atau disayur dan jangan sampai layu karena akan banyak kandungan bermanfaatnya yang hilang.


3. Oat


    Bila Anda tidak suka dengan makan nasi baik nasi putih ataupun nasi merah, jangan lantas tidak menyantap karbohidrat apapun untuk berbuka puasa.Anda bisa membuat oat yang dicampur dengan potongan buah. Oat mudah dicerna dan seratnya tinggi. Makanan yang berserat tinggi baik dimakan untuk buka puasa.


4. Buah-buahan

     Tidak ada salahnya jika anda menyantap sepotong melon atau satu butir buah kurma ketika berbuka puasa.Vitamin yang ada pada buah-buahan membuat tubuh merasa segar. Selain itu, buah-buahan yang segar membantu tubuh untuk menyesuaikan diri sebelum mengonsumsi makanan berat untuk berbuka puasa.



5. Kacang-Kacangan

    Kacang-kacangan dikenal mengandung protein yang tinggi. Mengonsumsi sayur hijau dan kacang-kacangan dianjurkan menjadi menu sayur untuk buka puasa. Anda bisa membuat sayur asam atau sayur bayam yang ada sayur hijau dan kacang-kacangan di dalamnya. Protein dibutuhkan oleh tubuh dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang mudah dicerna dan tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi untuk buka puasa.



  Itulah diantara ke 5 Jenis Makanan Untuk Berbuka Puasa.Menjaga kesehatan selama bulan Ramadan bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu menu berbuka puasa.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat