Cara Menghilangkan Uban Permanen

BeritaKapan - Cara Menghilangkan Uban Permanen . Rambut beruban biasanya akan dialami orang yang sudah menginjak usia tua. Namun, banyak juga meskipun usianya masih muda, sudah mulai muncul uban di rambutnya. Munculnya uban di usia muda, banyak membuat orang menjadi tidak percaya diri karena terlihat lebih tua dari usianya yang sebenarnya.


©pixabay

    Padahal, sebenarnya uban bukan hanya bisa muncul karena faktor usia. Ada banyak faktor yang membuat keluhan tersebut terjadi. Di antaranya genetik, polusi, rokok dan stres. Melanin, pigmen yang memberikan warna natural pada rambut juga ikut mempengaruhi. Cara efektif untuk mencegah tumbuhnya uban di rambut Anda adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan.Berikut beberapa makanan yang dapat mencegah timbulnya uban sebagaimana dilansir Boldsky.com.

Makanan Untuk Mencegah Uban


Bayam

   Bayam membantu menghasilkan pigmen yang membuat warna rambut tetap terjaga. Itulah sebabnya Anda disarankan mengonsumsi sayuran hijau secara teratur untuk menghindari rambut beruban di usia muda.

Kacang-Kacangan

      Kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang tinggi. Rambut membutuhkan asupan protein yang cukup untuk menjaga kesehatannya agar tetap sehat. Karenanya, jangan lupa untuk selalu menyertakan kacang-kacangan dalam setiap masakan.

Telur

   Telur mengandung vitamin B12 yang dibutuhkan oleh rambut agar tak lekas berubah warna. Vitamin B12 juga akan menjaga Anda dari pengaruh buruk radikal yang dapat membuat rambut berubah warna menjadi putih.

Makanan Laut

    Makanan laut mengandung mineral yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Mineral dapat membantu memperkuat dan mempertahankan warna asli rambut. Kurangnya mineral akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang akan berakibat tumbuhnya uban di usia muda.

Wortel

    Wortel kaya vitamin A sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Itulah sebabnya wortel menjadi sayuran penting untuk dikonsumsi setiap hari. Vitamin A dapat membantu mempertahankan warna rambut.

Tips Cara mencegah rambut beruban


1. Daun kari dan minyak kelapa

  Ini merupakan cara alami yang sempurna untuk menghambat rambut beruban. Daun kari akan mengembalikan pigmen pada rambut Anda. Caranya, rebus segenggam daun kari segar dalam minyak kelapa selama sekitar 5-7 menit. Saring minyak dan biarkan hingga dingin. Pijat kulit kepala Anda menggunakan minyak ini dan biarkan selama setengah jam atau bahkan semalam.

2. Jus lemon dan minyak Almond

   Campur minyak almond dengan jus lemon dan menerapkannya pada rambut dengan menggunakan ujung jari Anda. Hal ini akan menghambat proses rambut beruban.

3. Henna

   Henna merupakan pewarna rambut alami. Buatlah pasta dari bubuk henna dengan menambahkan beberapa bubuk kopi dalam mangkuk. Anda dapat menambahkan satu sendok makan setiap dadih dan jus lemon untuk hasil yang lebih baik. Biarkan campuran tersebut selama 2-3 jam. Oleskan pasta pada kulit kepala Anda dan biarkan selama 2-3 jam. Bilas dengan air biasa dan kemudian keramas rambut Anda.

4. Teh hitam

   Teh hitam sangat efektif untuk mengobati rambut beruban. Cukup merebus daun teh dan mendinginkannya. Saring air teh dan menerapkannya pada kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Setelah itu bilas dengan air tanpa menggunakan sampo.

    Tips lain yang juga bisa Anda lakukan adalah menggunakan mustard hangat atau minyak kelapa. Caranya, pijat kulit kepala Anda secara teratur untuk mencegah beruban prematur. 



   Selain makan makanan yang sehat, minum banyak air juga dapat menghilangkan racun dari tubuh. Racun dalam tubuh dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan termasuk uban rambut prematur. Selain itu, hindari pula junk food. Makan makanan cepat saji secara berlebihan dapat berkontribusi untuk rambut rontok dan beruban. 

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat