Lima Manfaat Hebat Dari Kulit Pisang Jangan Di Buang

BeritaKapan - Makan buah pisang emang manis dan sering sekali membuang kulitnya begitu saja ke tong sampah. Namun tahukah anda ternyata kulit pisang juga punya manfaat hebat dapat memutihkan gigi secara alamiah. Selain itu juga kulit pisang puya kandungan nutrisi sebagai sumber energi dan anti oksidan yang baik bagi kesehatan kulit tubuh kita. Buah pisang memang enak sekali rasanya yang lembut pisang karena banyak mengkonsumsi di dunia sebagai sumber energi yang kaya vitamin A dan lain sebagaiya.

Mugkin sudah menjamur kebiasaan orang Indonesia setelah dikupas, buahnya tentu akan langsung dimakan dan kulitnya dimasuk ke tempat sampah, dan tahukah kamu bahwa kulit pisang memiliki manfaat kesehatan tersendiri? Di Indonesia sendiri sudah biasa mengonsumsi pisang sebagai buah potong, pisang rebus, pisang goreng atau sebagai bahan tambahan kue. 

Tahukah kamu kulit pisang juga memang banyak mengandung sebagai sumber karbohidrat yang cukup tinggi, air, vitamin C, kalium, lutein, antioksidan, kalsium, vitamin B, lemak, protein, minyak nabati, serat, serotin, dan serotonin. Terdapat zat gizi yang terkandung dalam kulit pisang mengandung manfaat hebat untuk kesehatan bagi manusia, di antaranya kandungan serotonin yang dapat meningkatkan rasa mood lebih. Namun seperti apakah manfaat hebat dari kulit pisang tersebut yang belum di ketahui?

Lima Manfaat Hebat Dari Kulit Pisang Jangan Di Buang (Pixabay)

Kulit Pisang Sebagai Bahan Baku Donat


Bahan baku donatkan biasanya sejenis tepung terigu namun apakah bisa dengan kulit pisang? Tentu bisa seperti dilansir dari laman antara, Menurut mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB itu, penggunaan kulit pisang sebagai bahan dasar pembuatan "Donat Drakula" juga sebagai upaya mendukung program pemerintah terkait dengan diversifikasi pangan lokal dan upaya ketahanan pangan. Ekstrak kulit pisang dilakukan sebagai pemanfaatan limbah dari kulit pisang agar optimal. Kulit pisang diekstrak menjadi tepung, campuran bahan baku membuat donat, dan juga varian rasa toping atau selai isi donat.

Manfaat Hebat Kulit Pisang Mengatasi Sakit Kepala


Dilansir Boldsky, kulit pisang memiliki manfaat dalam mengatasi masalah nyeri kepala. Seperti kita ketahui, sakit kepala merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas seseorang. Nah jika Anda ingin menyingkirkan sakit kepala secara alami, coba gunakan kulit pisang. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyediakan kulit pisang dan minyak kayu putih.

Pertama-tama oleskan beberapa tes minyak kayu putih di bagian dahi Anda. Lalu tempelkan kulit pisang di daerah yang sama, tahan selama 20-30 menit. Berbaringlah sembari menunggu waktu ini.

Meingkatkan Kualitas Tidur


Buah pisang memang unik apabila dimakan setelah lelahya bekerja, dapat mengurangi rasa lelah tersebut sehingga secara tidak langsung meningkatkan kualitas tidur Anda. 

Caranya cukup mudah degan mepotong buah pisang yang matang dengan kulitnya dalam beberapa bagian. Cuci bersih lalu rebus dalam sepanci air hingga masak. Minum air setelah beberapa saat dan makan pisang juga. Lakukan ini sebelum berangkat tidur untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. 

Menurunkan Berat Badan

Buah pisang sangat cocok dapat di masukan kedalam program diet untuk penurunan berat badan. Karena satu buah pisang merupakan sumber yang kaya vitamin B6, mineral dan serat, juga sarat dengan kalium. Buah ini sangat cocok sebagai makanan ringan. Pisang tidak hanya rendah lemak tetapi juga membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dan merupakan media utama untuk membakar lemak.

Buah Yang Kaya Serat Pangan

Buah Pisang kaya akan serat pangan dan pektin. Buah ini justru dapat mengurangi rasa kembung Anda dan baik untuk pertumbuhan bakteri sehat. Selain itu juga memiliki kandungan fruktosa dan vitamin B, dan merupakan sumber gula alami yang aman bagi siapa saja dan semua orang. Jadi masih ragu untuk mengkonsumsi buah pisang dalam keseharianmu? Tentu saja dapatkan manfaat lebih dari buah dan kulit dari pisang. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Lima Manfaat Hebat Dari Kulit Pisang Jangan Di Buang"