Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung (Tetralogy Of Fallot) Yang Perlu Disadari

BeritaKapan - Menjaga kesehatan memang sangatlah penting, apalagi dalam kondisi lelah serta letih setelah bekerja. Bekerja keras memang harus tetap dilakukan namun ada beberapa kondisi yang harus segera diperhatikan. Bagi anda yang memiliki atau pun mengalami gejala penyakit jantung harus perlu perawatan dan perlu hati-hati baik itu dalam kondisi kesehatan, makanan dan minuman. Penyakit seperti ini memang harus diwaspadai dan memang seringkali melakukan tes kesehatan pada dokter jantung. Selain itu juga kita perlu menyadari bahwa penyakit jantung bisa dialami siapa saja oleh karenanya tertarik untuk  belajar mengenal istilah kesehatan jantung (Tetralogy Of Fallot) yang perlu disadari.

Ilustrasi Penyakit Jantung (Tetralogy Of Fallot) Gangguan Pernapasan/Rawpixel


Disini mari kita belajar secara lebih dan mengenal kesehatan serta menjaga penyakit jantung bawaan sejak bayi baru lahir. Penyakit jantung sejak lahir dengan istilah Tetralogy Of Fallot, merupakan penyakit jantung bawaan seringkali bisa terjadi dengan insidensi 3-5% dari bayi yang baru lahir. Seperti yang dilansir Mayoclinic Tetralogy of Fallot, penderita penyakit jantung bawaan akan mengalami atau pun mendapat gejala pada masa neonatus meninggal pada bulan pertama usianya jika tidak ditangani dengan baik. Penyakit jantung bawaan sering kali dapat dideteksi sejak dini mungkin dengan USG pada masa kehamilan. Ada pun yang seringkali harus diperhatikan ketika pemeriksaan pada saat kehamilan.


Disisi lain lebih dekat mengenal penyakit jantung bawaan yakni Tetralogy of Fallot memiliki risiko lebih tinggi gangguan irama jantung yang disebut aritmia. Terkadang ini dapat menyebabkan pusing atau pingsan. Dengan hal ini dapat mengalami gangguan pernapasan ketika bayi yang hendak baru lahir. Dalam kasus pada penyakit jantung Tetralogy of Fallot, terjadinya kebocoran pada katup didalamnya sehingga oksigen berkurang saat mengalir pada arteri bayi. Gejala kondisi seperti ini, akan menganggu aktivitas bayi ketika sedang menyusui akan mengalami gejala seperti sesak napas.


Pada penyakit jantung bawaan merupakan penyakit kalainan dari bawaan terutama kehidupan gejala ibundanya ketika dalam kondisi mengandung. Secara umum gejala dari penyakit jantung bawaan yang mungkin tidak memiliki gejala apa pun sampai akhir masa anak-anak, kemungkinan besar lebih tinggi muncul gejala klinis dalam bulan pertama kehidupan.


Disisi lain Heart.org menjelaskan bahwa, perawatan pada penyakit jantung bawaan ada yang dilakukan dengan cara operasi medis, jika diantaranya ada pasien yang mengalami gejala penyakit jantung bawaan (tetralogy of fallot) dapat diperiksa dari tingkatan hambatan pulmoner. Tindakan operasi merupakan satu-satunya dengan terapi. Operasi yang dilakukan yakni operasi paliatif dan operasi korektif.

Yang pertama yang dilakukan adalah operasi paliatif, jenis operasi ini merupakan sebuah tindakan dengan membuat sambungan antara aorta dengan arteri pulmonal. Operasi yang kedua yakni korektif dilakukan dengan tujuan paling utama segera mungkin untuk menutup efek septum ventrikel, reseksi pda area stenosis infundibulum dan dapat menghilangkan obstruksi aliran darah ventrikel kanan. Apabila penyakit jantung (Tetralogy Of Fallot) hingga masa remaja atau dewasa, sehingga dianjurkan untuk memeriksanya secara rutin memeriksakan diri ke dokter jantung.

Dengan demikian, apabila gejala penyakit yang sudah terjadi dibiarkan saja dan tidak segera mungkin cepat ditangani, bisa menimbulkan gejala seperti kejang, sesak napas serta gangguan pada irama jantung dan pemkembangan anak hingga usia dewasa. Jika masih tidak segera ditangani oleh dokter jantung, bisa menyebabkan kematian.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung (Tetralogy Of Fallot) Yang Perlu Disadari"