Keluhan Umum Yang Terjadi Pada Seseorang Pasca Operasi

BeritaKapan- Operasi adalah tindakan medis serius yang dilakukan dengan membuat sayatan pada tubuh seseorang oleh dokter dokter profesional. Tindakan operasi biasanya dilakukan untuk penanganan penyakit yang serius atau untuk pencegahan tertentu. Karena operasi adalah tindakan medis yang berat tentunya juga memiliki efek yang dirasakan oleh pasien setelah menjalaninya. Ada beberapa keluhan yang umum dirasakan oleh pasien pasca menjalani operasi. Berikut adalah keluhan umum yang dirasakan pasien atau seseorang pasca menjalani operasi :

Ilustrasi Penggunaan Obat Pasca Operasi/Unsplash


Mual dan Muntah 


Tindakan operasi akan membutuhkan banyak sekali jenis obat. Biasanya obat-obatan yang digunakan dalam jangka beberapa jam setelah efeknya hilang, bisa menyebabka rasa mual atau ingin muntah. Ini umum sekali dikeluhkan oleh pasien pasca operasi. Untuk mengatasinya, tentunya terdapat obat mual muntah setelah operasi yang perlu diberikan kepada pasien.

Nafsu Makan Menurun 


Pengaruh obat juga bisa menyebabkan nafsu makan menurun. Pastikan pasien pasca operasi menjaga asupan makanan. Karena pasien membutuhkan energi yang banyak untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah operasi.

Gatal Pada Luka atau Sekitar Luka Operasi


Gatal pada area jahitan operasi sebenarnya adalah proses penyembuhan luka operasi. Darah akan membuat jaringan baru, dan menutup luka jahitan. Tetapi ada juga rasa gatal yang luarbiasa diakibatkan karena infeksi bakteri dan jamur. Kerenanya pasien harus menjaga kebersihan luka dan area sekitar luka bekas operasi. Paling tidak sampai luka tersebut benar-benar kering dan menutup.

Jahitan Tidak Sengaja Terbuka

Luka jahitan bekas operasi akan tertutup sempurna minimal lima bulan. Karenanya akan rawan sekali terbuka jika tidak dijaga. Banyak hal yang bisa nyebabkan luka jahitan terbuka kembali. Seperti aktivitas yang berat, terkena tekanan yang kuat. Atau bisa juga karena masalah tekis seperti jahitan yang tidak sempurna. Apabila luka operasi kembali terbuka maka harus segera dibawa ke rumah sakit.

Demam dan Pilek

Operasi yang berat tentunya akan membuat kekebalan tubuh menurun. Pasien juga kehilangan darah saat operasi. Karena itu rentan sekali terkena virus. Sperti influenza dan sebagainya. Karena itu sedialah obat deman dan pliek. Sesuaikan dengan pasien operasi. Baik obat pilek orang dewasa ataupun anak seperti rhinos obat pilek bayi. Segeralah konsultasikan ke dokter.  (Adv)

0 Response to "Keluhan Umum Yang Terjadi Pada Seseorang Pasca Operasi"