Cara Meredakan Nyeri Haid Untuk Wanita Bekerja

BeritaKapan - Bagi wanita yang bekerja tentunya saat haid datang menjadi hal yang cukup mengganggu apalagi di hari-hari pertama yang umumnya merasakan nyeri pada bagian perut. Tentunya hal tersebut cukup menggangu kegiatan bekerja. Meskipun sudah ada cuti khusus bagi wanita saat hari pertama haid, namun terkadang juga sulit meninggalakan pekerjaan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid agar bisa segera beraktifitas :

1. Kompres Air Hangat

Mengompres perut pada bagian bawah dengan menggunakan air hangat bisa membuat otot di sekitar abdomen lebih relaks, sehingga bisa mengurangai atau menyembuhkan rasa nyeri yang muncul saat haid. Cara mengompres ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan handuk atau botol.

Bila menggunakan handuk kecil, tentu Anda harus membasahi atau merendam handuk ke air hangat, kemudian diperes dan ditempelkan di perut bagian bawah. Sementara menggunakan botol lebih praktis, yaitu isi botol dengan air hangat kemudian langsung ditempelkan ke bagian perut bagian bawah.

Tapi kedua cara tersebut terbilang merepotkan jika dilakukan di tempat kerja, saat ini sudah ada pad pereda nyeri haid yang memberikan sensai hangat. Penggunaan mudah tingal temple sangat cocok untuk wanita bekerja yang harus segera kembali aktif. Produk tersebut adalah ifree, untuk info selengkapnya dapat mengunjungi ifreeindonesia.com

2. Minum Air Hangat

Ilustrasi Air Putih Copyright Rawpixel


Saat sedang haid, tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan daripada biasanya sehingga hal ini perlu diseimbangkan dengan mengonsumsi cukup air putih. Untuk memberikan rasa yang lebih nyaman lagi pada bagian perut yang nyeri, sebaiknya konsumsi air hangat.

3. Jaga Pola Makan Teratur

Sebagian wanita yang sedang haid pasti sering mengalami penurunan nafsu makan hingga ada saja yang tidak makan. Padahal ini tidak baik untuk kesehatan dan justru akan menimbulkan penyakit lainnya.

Walau begitu, tetaplah atur pola makan dengan baik. Bila perlu usahakan mengonsumsi sedikit makanan tapi dalam frekuensi yang relatif sering. Ini akan menjaga keseimbangan kerja organ tubuh Anda, sehingga rasa nyeri bisa berkurang.

4. Konsumsi Asupan Bergizi

Sering kali kebanyakan wanita tidak memperhatikan asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi saat haid. Ini tentu tidak baik untuk kesehatan, yang ada hanya akan memperburuk kondisi kesehatan. Mulailah dengan merubah asupan dengan yang bergizi.

Pada makanan, hindari makanan berlemak tinggi, mengandung banyak MSG dan bahan pengawet lainnya. Sebaiknya konsumsi makanan yang bisa dipercaya mengurangi rasa nyeri, yaitu nanas, brokoli, pisang, ikan salmon, bayam, ayam tanpa lemak dan dark chocolate.

Sementara pada minuman, hindari minuman yang mengandung alkohol, soda, kopi. Konsumsilah minuman yang bagus untuk kesehatan sehingga nyeri tidak muncul lagi, seperti susu, yogurt, minuman jahe dan lemon hangat serta minuman teh herbal.

5. Lakukan Olahraga Ringan

Rasa nyeri yang tidak tertahankan terkadang membuat seseorang tidak sanggup untuk bergerak. Namun, dengan melakukan olahraga ringan sangat berguna untuk memperlancar peredaran darah yang baik untuk tubuh. Lakukanlah pergerakan kecil peregangan tubuh dalam waktu yang cenderung rutin. Dengan begitu rasa nyeri pada perut ketika haid akan sirna secara perlahan.

6. Minum Jamu Kunyit Asam

Orang tua terdahulu, terutama kaum ibu dan sebagian wanita muda lainnya sangat percaya akan obat herbal yang memiliki kualitas sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman jamu kunyit asem terbukti mampu meredakan nyeri haid.

Agar khasiat kunyit asem tetap terjaga, taka da salahnya buat sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, yaitu siapkan 15 – 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, dan 600 cc air. Kemudian, rebus secara bersamaan. Tunggu hingga air menjadi setengah, barulah saring ramuan tersebut. Minumlah dalam kondisi jamu masih hangat secara teratur minimal dua kali per hari.

7. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Jika sudah tidak kuat lagi menahan rasa nyeri, konsumsi obat pereda nyeri juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jangan sembarang untuk membeli obat tersebut. Sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu agar mendapatkan obat pereda nyeri yang terbaik sesuai dengan anjuran dokter. (Adv)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Meredakan Nyeri Haid Untuk Wanita Bekerja"

Posting Komentar