Buah Yang Sehat Untuk Memperlancar Menstruasi

BeritaKapan - Mengkonsumsi buah yang tentunya segar lagi sehat dapat meningkatkan rasa mood berlebih dan cukup mengenyangkan. Buah yang sehat memiliki jenis tersendiri, oleh karena itu disaat wanita sedang haid atau menstruasi sebaiknya harus piawai untuk memilih buah segar yang hendak dimakan. Makan buah dalam kondisi prima juga baik, disaat menstruasi pun dapat memperlancar kondisi saat haid tersebut. Disamping itu pula buah yang sehat bilamana dikonsumsi ada saatnya dan mengatur pola makan serta gizi yang cukup.



Mengenal buah yang sehat diantaranya untuk memperlancar haid, bilamana kondisi haid normal tiap 28 hari sekali. Melansir laman Medicalnewstoday, apabila haid atau menstruasi yang tidak teratur bisa terjadi tiap 21-35 hari atau bahkan tidak bisa diprediksi. Nah mengenai buah yang sehat dapat anda temui dipasaran, dan inilah dari beberapa buah yang sehat untuk memperlancar haid atau menstruasi sebagai berikut:


1. Buah Pepaya

Ilustrasi Buah Pepaya Matang Copyright Rawpixel


Buah pepaya dikenal dengan buah yang memiliki daging tebal dan segar lagi memiliki rasa yang cukup manis. Mengkonsumsi buah pepaya matang juga dapat membantu memperlancar siklus haid atau menstruasi. Melansir laman Bebodywes.com, buah yang satu ini selain memperlancar haid dapat juga memperlancar sistem pencernaan. Selain itu juga jika anda sembelit maka disarankan untuk segera makan buah pepaya. Mengkonsumsi buah pepaya dipercaya dapat memenuhi nutrisi, vitamin dan mineral yang iperlukan oleh tubuh. Namun jika mengkonsumsi buah pepaya yang masih mentah sebaiknya dihindari, alasan yang tepatnya adalah karena kandungan papain yang dapat meningkatkan resiko nyeri haid karena peningkatan kontraksi rahim.


2. Buah Semangka

Ilustrasi Buah Semangka Copyright Rawpixel


Jika anda salah seorang wanita yang sedang hair, untuk memperlancarnya disarankan untuk makan buah semangka. Mengapa demikian? karena didalam buah semangka yang mengandung gula alami dengan rasa manis yang juga bermanfaat dapat mengatasi perut kembung saat haid. Buah ssemangka juga selain rasa alami jugatinggi kandungan air, serta dapat membantu mencegah dehidrasi.


3. Buah Pisang

Ilustrasi Buah Pisang Copyright Pexels


Buah pisang dikenal dengan buah yang enak rasanya. Selain itu kerap dijadikan buah untuk memerlancar haid. Buah yang tinggi akan vitamin B6 dapat menstabilkan suasana hati anda. Selain itu juga buah pisang tinggi kalium dapat membantu menstabilkan emosi kita, disamping itu pula kandungan magnesium dapat mengurangi resiko perut kembung dan retensi air dalam tubuh. Bagi wanita sedang haid juga dapar memperlancar sistem pencernaan yang baik.

4. Buah Alpukat

Ilustrasi Buah Alpukat Copyright Pexels


Buah alpukat juga memiliki kandungan tinggi magnesium, ini dapat membantu meringankan sakit kepala dan memperlancar haid. Seperti yang dilansir thehealthy.com, Carolyn Dean, MD, penulis The Magnesium Miracle menjelaskan, bahwa perempuan yang mengkonsumsi cokelat saat haid karena itu memperoleh magnesium didalamnya. Karena magnesium dapat meringankan gejala PMS, disarankan pula untuk mengkonsumsi buah alpukat dipercaya dapat memperlancar haid.

5. Buah Jeruk

Ilustrasi Buah Jeruk Copyright Pixabay


Buah jeruk dikenal dengan tinggi vitamin c. Adapun dari buah jeruk,lemon dan jeruk nipis terdapat kalsium dan vitamin D dapat membantu memperlancar haid. Seperti yang dilansir byrdie.com dalam artikel Best Foods to Eat on Your Period, kalsium dapatmengurangi rasa cemas dan depresi. Selain itu juga vitamin D pada jeruk dapat mengubah triptofan menjadi serotin, neurotransmitter yang dapat mengendalikan suasana hati. Selain itu juga kalsium dan vitamin D dapat meringankan gejala PMS.


Itulah dari beberapa deretan buah segar yang dapat memperlancar siklus haid atau menstruasi pada wanita. Disarankan pula untuk mengatur pola makan dan berolahraga yang cukup untuk memperlancarnya.

Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa share yang bermanfaat

0 Response to "Buah Yang Sehat Untuk Memperlancar Menstruasi"

Posting Komentar