Cara Menjaga Kolesterol Tetap Normal

BeriitaKapan - Penyakit kolesterol dapat diatasi dengan berbagai cara sederhana. Diantara untuk menjaga kolesterol agar tetap normmal salah satu diantaranya adalah dengan menjaga berat badan. Disamping itu penyakit kolesterol jika darah berlebih akan memperburuk keadaan kesehatan. Selain itu juga sangat penting bagaimana untuk mengetahui agar kolesterol terjaga dan tetap normal serta sehat. Perlu anda ketahui bahwa penyakit kolesterol apabila darah berlebih akan membentuk plak di arteri yang membuat jantung akan sulit memompa.

Ilustrasi Menjaga Kolesterol Copyright Rawpixel


Seperti yang dilansir dari Northwestern Medicine (nm.org), apabila terjadi penyumbatan pada plak arteri akan sulit memompa dan mengedarkan darah pada jantung ke tubuh yang juga menyebabkan pembekuan darah berbahaya serta dapat mengancam jiwa. Akibat gumpalan kolesterol yang dapat menyumbat arteri dapat mengakibatkan serangan jantung. Jika yang terjadi pada gumpalan penyumbatan arteri pada otak ini akan menyebabkan serangan stroke. Nah berikut ini ada beberapa hal penting diantaranya untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Cara Menjaga Kolesterol Tetap Normal


1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara utama untuk menjaga kolesterol agar kembali normal adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Selain itu juga makanan sehat dari sari nabati terdapat sayuran baik untuk menunjang kadar kolesterol yang baik. 

Ilustrasi Makanan Sehat Copyright Shutterstock


Disamping itu pula disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain cara konsumsi makanan sehat pula anda disarankan untuk konsumsi susu rendah lemak dan daging unggas. 

Apabila konsumsi minyak yang harus diperhatikan adalah seperti minyak nabati tak jenuh seperti safflower, canola ataupun minyak zaitun. Adapun pantangan makanan yang harus dihindari adalah lemak jenuh. Begitu pula pada lemak trans yang mengacu penyumbatan arteri seperti potongan daging berlemak, mentega, kue, kue kering, dan margarin yang dihidrogenasi.

2. Berolahraga

Ilustrasi Berolahraga Copyright Shutterstock


Cara yang kedua untuk menjaga kolesterol agar tetap normal yakni dengan berolahraga. Kondisi ini bila dilakukan secara teratur dapat meningkatkan HDL, menurunnya LDL dan trigliserida serta dapat meningkatkan aliran darah pada tubuh. Berolahraga selain baik untuk menurunkan berat badan juga dapat mengalirkan peredaran darah serta mengirimkan oksigen ke otot dan mampu menurunkan tekanan darah.

3. Jangan Merokok

Ilustrasi Berhenti Merokok/Beritakapan.com



Perlu anda hindari dari kebiasaan merokok, selain baik dari sisi positif berhenti merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Dengan berolahraga juga membawa anda terhidar dari risiko serangan jantung dan penyakit jantung.

4. Menjaga Berat Badan

Ilustrasi Kolesterol LDL Copyright Shutterstock


Dengan berat badan yang ideal maka anda terhindar dari kolesterol. Dilansir dari Healthline, menurut sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang kehilangan antara 5-10 persen berat badan secara signifikan mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol LDL, serta trigliserida. Selain dapat kehilangan lebih dari 10 persen akan mengurangi kadar kolesterol secara signifikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjaga Kolesterol Tetap Normal"

Posting Komentar