Cara Agar Dapur Tidak Bau Jadi Wangi dan Bersih

BeritaKapan - Dapur merupakan salah satu tempat favorite wanita pada umumnya, selain seringkali dipakai untuk memasak dan juga digunakan untuk menyiapkan menu hidangan serta tempat menyimpan bahan makanan dengan kulkas yang ada didapur. Selain itu juga dapur menjadi satu alasan penting yakni bagian dari rumah yang harus tetap terjaga akan kebersihannya juga terhindar dari bau tak sedap. Apabila salah seorang perempuan tentu akan merasa nyaman jika dapurnya bersih dan wangi serta terawat dengan baik. Disamping itu pula apabila memiliki dapur yang wangi dan bersih tentu terhindar dari virus dan penyakit berbahaya.

Ilustration Kitchen Utensil Copyrihgt Rawpixel


Dapur itu karena bagian terpenting dari rumah tentu tetap terjaga akan kebersihannya. Tidak sedikit wanita yang memerhatikan dapurnya, karena dapur sebaiknya dirawat dengan baik dan dipastikan untuk senantiasa wangi juga bersih kotoran yang menempel terutama pada kompor. Nah bagaimana cara agar dapur kita tidak bau jadi wangi dan bersih? Tentu harus rajin merawatnya dan juga ikuti tips yang ada dibawah ini.


Dapur Memiliki Ventilasi Yang Baik

Ilustrasi  Ventilasi Dapur Copyright Rawpixel


Jika dapur anda bau dan tidak sedap lagi aromanya maka yang perlu diperhatikan adalah ventilasi yang baik. Selain terjaganya sirkulasi udara dan dapat mengeluarkan asap terhadap kompor juga memiliki ventilasi yang baik. Karena ventilasi merupakan hal terpenting yang ada didapur untuk menjaga sirkulasi udara. Jika ventilasi terjaga akan membuat dapur terasa lebih wangi, nyaman dan bersih.


Jangan Menumpuk Cucian atau Alat Masak

Ilustrasi Mencuci Piring Copyright Rawpixel


Ini kebiasaan yang harus sesegera mungkin untuk melakukan tindakan seperti mencuci piring dan peralatan dapur yang telah digunakan sebaiknya dicuci setelah tidak digunakan. Karena selain terjaga kebersihannya dari peralatan masak atau makan yang kotor hanya akan membuat dapur bau tak sedap. Ini juga menyebabkan masuknya lalat, tikus dan serangga lain di dapur anda, maka sebaiknya jika ada piring kotor sebaiknya jangan menumpuk segeralah dicuci dengan sabun pencuci piring tentunya.


Jangan Menyimpan Bahan Makanan Sembarangan

Ilustrasi Kulkas Copyright Rawpixel


Sebaiknya untuk memilah terlebih dahulu dari bahan makanan dan kondisi lembab serta mudah busuk sebaiknya simpan ke dalam kulkas. Dengan memilah akan membuat makanan tidak mudah busuk dan awet tahan lama. Sebaiknya jangan sembarangan untuk menyimpan bahan makanan, karena bisa menyebabkan aroma tidak sedap di dapur.


Gunakan Lemon, Baking Soda dan Cuka

Ilustrasi Lemon Copyright Rawpixel



Dengan menggunakan ketiga bahan tersebut dapat membantu dan bermanfaat menyerap bau serta membersihkan dapur anda. Selain itu juga ketiga bahan tersebut dapa dicampurkan untuk membersihkan dapur dengan cara dicampur dengan pembersih lantai atau sabun cuci piring. Ini akan membuat dapaur anda cepat bersih dan terjaga dari kotoran terutama sisa makanan.

Gunakan Kopi dan Rempah-rempah

Ilustrasi Jahe Copyright Rawpixel



Dengan menggunakan bahan terutama kopi dan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, pala dan sejenisnya memiliki aroma wangi. Ini bisa dijadikan pewangi alami di dapur anda dan mengurangi aroma bau tak sedap di dapur. Caranya cukup mudah, dengan meletakkan rempah-rempah tersebut di wadah bersih di dapur. Dengan begitu saja akan mengeluarkan aroma khas dari bahan tersebut.

Bersihkan Kulkas Secara Rutin

Ilustrasi Membersihkan Kulkas Copyright Rawpixel



Dengan membersihkan kulkas secara rutin tentu akan menjaga kebersihan dan bahan makanan tetap awet lagi fresh ketika hendak memasak. Selain mengurangi kotor dan bau tak sedap, dengan lemari es atau kulkas anda juuga semakin awet. Sebaiknya lemari es dibersihkan setiap satu minggu sekali atau maksimal satu bulan sekali.

Buang Sampah Secara Rutin

Ilustrasi Sampah Copyright Rawpixel



Ini juga yang harus diperhatikan terakhir dengan membuang sampah secara rutin. Selain menghindari bau tak sedap juga akan membuat dapurmu menjadi lebih bersih dan kinclong. Sebaiknya anda lakukan untuk memisahkan juga antara sampah basah dengan sampah kering. 


Nah itulah beberapa tips untuk menjaga dapur anda tetap bersih dan wangi. Sebab bau tak sedap dapat ditimbulkan oleh sampah sisa makanan yang menumpuk sebaiknya segera buang dan membersihkan tempat sampah secara rutin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Agar Dapur Tidak Bau Jadi Wangi dan Bersih"

Posting Komentar