Kenali Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya

BeritaKapan - Kosmetik pada umumnya seringkali banyak dicari dan diminati kaum perempuan khususnya dalam perawatan kecantikan. Adapun dengn demikian, banyak sekali kosmetik yang beredar dipasaran dan tentu perlu diperhatikan kondisi kosmetiknya. Ada salah satu alasan jika memakai kosmetik sembarangan maka akan mengaibatkan iritasi gangguan pada kesehatan kulit. Agar peristiwa itu tidak terjadi, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu tahu ciri-ciri kosmetik berbahaya. Perlu kamu ketahui bahwa ketika menggunakan kosmetik dalam jangka waktu yang panjang. Efek ini dapat berupa alergi, rasa terbakar, iritasi, bahkan hingga kanker kulit.

Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya Copyright Rawpixel


Unuk menghindari peristiwa tersebut agar tidak terjadi anda perlu mengenal dari ciri-ciri kosmetik berbahaya. Sebelum menggunakan kosmetik, diwajibkan atas kamu tentunya harus mengetahui terlebih dahulu kalau produk kosmetik yang ingin dibeli, karena perlu sedikit cek berbahaya atau tidak. Ingin tahu apa saja ciri-cirinya? Mari kita simak bersama ulasan berikut ini!


1. Menjanjikan Secara Instan


Ciri kosmetik berbahaya, biasanya seringkali terjadi melakukan penawaran dan dijanjikan secara instan pada perubahan kulit menjadi cerah dalam sekejap. Selain menjanjikan perubahan instan, kosmetik berbahaya juga dapat mengklaim kulit langsung terlihat cerah, putih, dan bersih hanya dalam sekali pakai.

Perlu kita sadari bahwa setiap produk memiliki efektivitasnya masing-masing dan tidak langsung terlihat hasilnya saat itu juga. Akan tetapi harus benar-benar dalam menggunakan produk kosmetik tentu dengan aman.

2. Bau Logam Merkuri


Sebaiknya anda hindari jika kosmetik mengandung bahan berbahaya seperti logam merkuri. Merkuri adalah jenis logam yang sangat berbahaya dan dilarang untuk digunakan dalam kosmetik. Dengan adanya kandungan merkuri di dalam produk kosmetik akan menimbulkan aroma yang menyengat.

3. Warna Mencolok

Setiap produk kosmetik tentu memiliki warna tersendiri, selain memiliki aroma yang sangat menyengat, kosmetik berbahaya juga memiliki warna yang mencolok dan mudah dikenali ketika kamu pertama kali melihatnya. 

Perlu anda ketahui produk kosmetik berbahaya mengandung pewarna terbuat dari campuran pewarna tekstil yang berbahaya untuk kulit. Pastinya sangat berbeda dengan kosmetik yang aman dengan menggunakan pewarna alami dan aman untuk kulit. 

4. Tekstur yang Kental dan Lengket

Bahan kosmetik berbahaya memang sedikit orang ketahui, oleh karena itu bahan berbahaya seperti merkuri sangat dilarang. Tentu dengan penggunaan bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam kosmetik berbahaya memiliki konsentrasi yang pekat sehingga menghasilkan tekstur yang cenderung kental dan lengket.

5. Sulit Menempel Pada Kulit

Dapat diketahui dari produk kosmetik yang berbahaya, ciri-cirinya juga biasanya sulit menempel dan menyatu pada kulit. Karena memiliki tekstur yang lengket, kental, menggumpal, dan cenderung kasar maka produk tersebut menjadi sulit untuk menyatu dengan kulit. Selain itu juga warna yang dioleskan pada wajah misalnya tidak dapat menempel dengan baik dan sulit dibaurkan karena kandungan kimia yang ada di dalamnya.

6. Membuat Iritasi

Kejadian yang ditemukan pada perempuan akibat penggunaan kosmetik dalam jangka lama akan menyebabkan iritasi pada kulit. Kejadian ini mungkin jenis kulit yang tadinya normal menjadi lebih sensitif setelah menggunakan kosmetik berbahaya. Disamping itu pula secara mungkin juga akan merasakan rasa terbakar pada kulitmu karena produk mengandung logam berbahaya tersebut. 

7.  Tidak Terdaftar BPOM

Cara yang paling mudah untuk membedakan kosmetik berbahaya dengan melihat nomor registrasinya di BPOM. Salah satu produk kosmetik yang berbahaya tidak terdaftar di BPOM. Maka dari itu jika tidak ada logo BPOM pada botol atau box dari produk tersebut. Cara lain untuk mengetahui produk tersebut mendapat izin atau tidak adalah dengan mengecek langsung di situs resmi BPOM.

Nah itulah beberapa tips yang dapat disampaikan mengenai ciri-ciri kosmetik berbahaya yang bisa kamu ketahui agar kamu tidak tertipu dengan klaim serta tidak mengalami efek samping yang menyebabkan iritasi pada kulit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Ciri-Ciri Kosmetik Berbahaya"

Posting Komentar