7 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh

     BeritaKapan - 7 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui, cengkeh merupakan tanaman yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Cengkeh mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng. Rempah-rempah berwarna cokelat ini juga mengandung vitamin C, B6, A, D, E, dan K, thiamin, niacin, dan asam folat. Dalam tanaman cengkeh juga terdapat flavonoid, heksana, methalyne, timol, wuthenol benzena, serat asam lemak, dan zat aktif yang disebut eugenol. Euganol mempunyai kegunaan untuk mendetoksifikasi tubuh dan dapat mencegah radang sendi hingga kanker. 

7 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengurangi Sakit Kepala 

     Cengkeh dapat dipercaya mampu mengurangi sakit kepala didalam tubuh hanya dengan beberapa menit. Dengan cara, minumlah segelas susu yang sudah dicampur cengkeh bubuk secukupnya. Cara seperti ini telah dinilai efektif dapat mengurangi sakit kepala dengan cepat. 

2. Mengatasi Sakit Pilek

     Nanti jika anda sudah merasakan pilek, sebaiknya anda mencampurkan minyak cengkeh dengan madu lalu meminumnya satu – dua kali satu hari untuk memberikan efek hangat didalam tubuh. Selain itu, mengoleskan minyaknya pada hidung juga dapat membantu meringankan sakit pilek.

3. Meredakan Rasa Mual

     Cengkeh mempunyai berbagai macam kandungan yang sangat efektif untuk meredakan mual dan muntah. Selain cengkeh, minyaknya juga dapat mengatasi dan meredakan rasa mual didalam tubuh anda.

4. Mengobati Sakit Gigi

     Cengkeh juga berguna untuk mengatasi sakit gigi dan penyakit mulut seperti gingivitis atau radang gusi hingga periodontitis, yaitu peradangan. Beberapa cara tradisional untuk mengatasi sakit gigi sudah banyak digunakan oleh masyarakat umum, yaitu dengan cara meneteskan minyak cengkeh ke dalam mulut anda.

5. Menyehatkan Jantung

     Sudah dikenal sejak lama, penyakit jantung menjadi momok yang menakutkan pada sebagian penduduk dunia. Kandungan Eugenol pada tanaman cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah yang mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

6. Menghilangkan Batuk

     Mengunyah sebuah tanaman cengkeh dapat menyembuhkan batuk secara alami. Penyakit batuk yang disebabkan oleh gatal yang terdapat pada tenggorokan. Rasanya mungkin sedikit getir dan ada pahitnya, tetapi kandungan kimianya didalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan batuk berdahak.

7. Mengatasi Masalah Pencernaan

     Tanaman Cengkeh dapat meningkatkan sekresi enzim pada pencernaan anda. Cengkeh dikenal dapat mengurangi perut kembung dan mual. Untuk mengatasi gangguan pencernaan ini, anda harus menyeduh cengkeh bubuk. 

     Nah, jika anda tidak suka dengan cengkeh, anda harus membiasakan diri untuk menjaga kondisi anda. Karena menjaga diri sendiri merupakan tugas yang berat untuk kita dalam mengarungi kehidupan sehari-hari. 

Jangan Lupa Share Ya