Herbert Marshall McLuhan Ilmuan Hebat Komunikasi Mencetuskan Lahirnya Internet

BeritaKapan - Siapa sih Herbert Marshall? Dialah seorang salah satu seorang ilmuan hebat yang sangat terkenal keilmuan komunikasi dan kritikus asal Edmonton, Kanada. Beliau dilahirkan ke dunia pada tanggal pada 21 July 1911 dan beliau telah menutup usia pada tanggal 31 Desember 1980, Toronto, Kanada. Marshall McLuhan adalah seorang ilmuan juga dikenal dengan filsuf atau cendikiawan yang terkenal karena memprediksi kelahiran internet, jauh sebelum internet itu ada.

Herbert Marshall McLuhan Ilmuan Hebat Komunikasi Mencetuskan Lahirnya Internet


Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Telegraph, Google Doodle yang muncul hari ini merupakan sebuah persembahan untuk merayakan hari ulang tahun Marshall McLuhan yang ke-106. Kotak animasi yang ditampilkan oleh Google Doodle itu pun melambangkan prediksi Marshall McLuhan soal kelahiran internet dalam teori global village.



Lebih jelasnya, dalam teori global village tersebut Marhsall McLuhan membagi sejarah manusia menjadi empat era. Urutannya adalah era akustik, literatur, produksi massal, serta elektronik. Teori tersebut dijelaskannya dalam sebuah buku berjudul The Gutenberg Galaxy yang terbit pada tahun 1962, bersamaan dengan menanjaknya popularitas televisi.



Pasca buku kedua ini, Marshall McLuhan menjadi sosok yang terkenal. Dia rutin tampil di siaran televisi untuk menjelaskan teorinya bahwa medium (wadah pesan) adalah pesan itu sendiri. 



Teori yang diungkap Marshall McLuhan menajadi kontroversi di kalangan akademik sepanjang 1970. Bahkan setelah dia meninggal pada 1980, kontroversi ini masih berlanjut. Marhsall McLuhann baru jadi sosok yang dielu-elukan ketika internet yang diprediksinya benar-benar lahir pada 1989. Herbert Marshall McLuhan terkenal karena memiliki salah satu prediksi paling pedih dari abad ke-20. Filsuf dan intelektual meramalkan lahirnya internet 35 tahun sebelum hal itu terjadi.


Pada hari yang akan menjadi ulang tahun ke-106 McLuhan [21 Juli 2017] dia dihormati dengan Google Doodle. Ini adalah gambar grafis dari Doodle McLuhan Golden yang diikuti oleh teks yang akan menyertainya di halaman pencarian Google, dikirim tepat setelah tengah malam pada tanggal 20 Juli 2017.

Subscribe to receive free email updates: