Lima Kota Produsen Terbaik Batik Indonesia

BeritaKapan - Pada hari 2 oktober/19 banyak sekali tagline di media sosial guna untuk memperingati hari batik nasional. Batik dikenal dengan identik dengan motif suatu hasil karya kerajinan tangan. Disamping itu pula hari perayaan nasional di negeri tercinta Indonesia untuk memperingati batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Selain itu pada Google doodle juga ikut serta memperingati hari batik yang memang asli budaya karya bangsa. Sejak jaman dahulu kala batik sudah kian populer, batik hanya digunakan untuk pakaian raja, keluarga kerajaan, para pekerja di dalam kerajaan. Namun berbeda seperti sekarang ini, boleh untuk siapa pun mengenakan baju batik bernuansa motif cerah sekali pun yang anda suka.



Batik Warisan Budaya Nusantara/Twitter.com

Google Doodle Memperingati Hari Batik Nasional/Google.com

Google Doodle Memperingati Hari Batik Nasional/Google.com


Seiring perkembangan teknologi membawa peradaban dan budaya yang hingga saat ini motif kain batik masih dikembangkan dengan warna nan cantik. Namun dalam pembuatan batik yang shingga saat ini populer dengan menggunakan canting atau biasa disebut batik tulis. Batik cap atau printing yang dibuat menggunakan cap atau alat semacam stempel muncul untuk mempercepat waktu pembuatan batik. Ini yang menjadikan motif batik memiliki ciri khas tersendiri jika membuatnya dengan menggunakan caning. Maka dari itu kain batik hingga saat ini sudah dikenal hingga berbagai manca negara. Berikut ini adalah diantara kelima kota produsen terbaik kain batik di Indonesia, mungkin salah satunya adalah kota anda.


1. Batik Pekalongan




Kota batik di Indonesia salah satunya adalah pekalongan. Pekalongan menjadi salah satu juga mengenai produsen kain batik nasional terbaik. Dengan hal ini karena motif batik pekalongan memiliki cici-ciri yang khas selain motif yang indah juga terkenal bernama motif batik tujuh rupa.

2. Batik Indramayu

Batik Indramayu Motif Iwak Etong/Batik-tulis.com


Indramayu selain dikenal dengan kota mangga yang juga memiliki keragaman budaya tentang wisata pantai hutan mangrovenya. Selain itu juga di kota ini, atau mungkin asal daerah anda  menjadi produsen kain batik juga. Ada pun beberapa corak kain batik paoman dengan memiliki motif corak diantaranya adalah seperti hewan laut seperti ikan, cumi, kepiting, hingga ubur-ubur. Selain itu juga batik indramayu hingga saat ini teru berkembang otif jati rombeng, barongan, banji dan burung phoenix.

3. Batik Cirebon

Batik Megamendung/Kota Cirebon


Di kota cirebon selain dikenal dengan kota uadang yang juga terkenal dengan motif batik mega mendungnya. Kota cirebon salah satu produsen terbaik kain batik yang bercorak kumpulan awan yang indah hingga saat ini menjadi salah satu kain populer yang dikenakan oleh masyarakat luas khususnya Indonesia.


4. Batik Bali

Batik Buketan Bali/Pinterest.com


Kota Sukawati Gianyar Bali, menjadikan hingga saat ini salah satu kota wisatawan dan paling populer dengan budaya serta makanan yang khasnya. Selain makanan tentu juga Bali terkenal dengan kain batiknya bahkan populer hingga ke manca negara. Yang terkenalnya adalah motif buketan, selain itu juga dengan memiliki corak lainnya seperti diantaranya bunga atau tanaman dengan hiasan kupu-kupu atau burung bangau yang menambah kesan seni ciri khas dari Bali


5. Palembang



Kota Palembang terkenal dengan salah satu makanan terkenalnya yakni pempe. Selain itu juga motif batiknya yang tidak kalah bagus dengan kota lain, yakni di kota Palembang yaitu motif tanaman lebiih dikenal dengan bunga Teh. Dengan motif tersebut memiliki warna yang cerah yang menjadikan salah satu ciri khas melayu seperti merah dan kuning cerah. Kota palembang terkenal dengan motif batik yang di hiasi dengan corak simetris dan gambar tanaman yang kini menjadikan salah satu kain seni tersebut.

0 Response to "Lima Kota Produsen Terbaik Batik Indonesia"