Turunkan Hipertensi Dengan Makanan Sehat

BeritaKapan - Mengkonsumsi makanan setiap hari dalam menu harian tentunya memilih makanan sehat. Makanan sehat ada beberapa diantaranya yang mampu mengendalikan tekanan darah. Menerapkan pola makan sehat memanglah tidaklah mudah, namun diantara sebagian orang berpendapat bahkan ada yang memiliki salah satu penyakit yakni hipertensi atau pun darah tinggi. Namun diantara pendapat mereka yang menjelaskan bahwa pola makan sehat juga belum tentu sama dengan gaya hidupnya pula. Maka dari itu bagaimana mensiasati dan solusi untuk menurunkan salah satu penyakit tanpa obat dan begitu pula mengetahui makanan apa saja yang dapat mempengaruhinya. Memang dari salah satu faktor pola makan saja belum tentu baik mengenai jenis makanan yang dikonsumsinya. Begitu pula yang suka ngemil kadang lupa mengingat cemilan yang mana makanan yang dapat meningkatkan penyakit hipertensi.

Ilustrasi Makanan/Unsplash

Solusi yang benar untuk turunkan hipertensi salah satunya dengan menghindari berbagai makanan yang dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Jadi seperti halnya sebuah pakar kesehatan menurut lansiran laman American Heart Association Joint Hypertension 2018 Scientific Sessions, dihasilkan fakta jelas bahwa dengan menerapkan pola makan yang sehat dan tepat waktu bisa membantu menurunkan tekanan darah dipercaya secara efektif. Lalu apa yang harus dihindari? Bagi penderita hipertensi tentunya harus mengurangi asupan garam dalam menu harian makanan. Maka dari itu salah satu cara terbaik untuk orang yang cerdas yakni makanan sehat penurun darah tinggi yang kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan magnesium. Selain itu juga makanan mengandung zat kimia juga perlu dipelajari agar lebih efektif.


Buah Semangka


Buah semangka dipercaya yang merupakan salah satu buah yang dapat menurunkan salah satu penyakit hipertensi. Selain itu juga buah semangka sebagai nutrisi yang baik bagi tubuh penderita hipertensi aman terkendali. Karena buah semangka selain rasa manis begitu lembuat saat digigit mengandung senyawa baik yakni L-citrulline yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah yang biasa disebut penyakit hipertensi.

Pisang

Turunkan Hipertensi Dengan Makanan Sehat
Ilustrasi Buah Pisang/Pexels

Selain rasa manis ternyata fakta yang sesungguhnya dari buah pisang yakni ikut serta menurunkan tekanan darah. Didalam buah pisang dapat membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh, sehingga dapat pula seimbangnya tekanan gula di dalam darah. Dengan hal ini buah pisang dapat menurunkan salah satu penyakit hipertensi.

Gandum

Ilustrasi Gandum/Pexels


Selain dua buah diatas tadi gandum juga ikut serta menurunkan tekanan darah. Dengan hal ini telah dibuktikan yang menghasilkan fakta oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition pada 2010 silam. Didalam ini laman tersebut apabila dikonsumsi secara rutin gandum utuh setiap hari bisa membantu menurunkan tekanan darah hingga 73 persen. Selain itu juga serat yang terkandung didalamnya dapat menurunkan penumpukan plak pada pembuluh darah.


Susu dan Yogurt

Segelas Susu/Pexles


Susu dan yogurt mungkin seringkali anda dijumpai setiap hari, bahkan secara  tidak langsung kandungan didalamnya sangat baik dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bukan sembarang susu, susu yang dimaksud adalah susu yang rendah lemak atau yang bebas lemak.


Minyak Ikan

Minyak Ikan/Pixabay

Dikenal lebih banyak mengandung asam lemak omega 3 yang juga dapat ikut serta menurunkan tekanan darah. Dengan hal ini dapat membantu menyehatkan karena bisa membuat jantung lebih sehat, yang juga pembuluh darah lancar.

0 Response to "Turunkan Hipertensi Dengan Makanan Sehat"