Mencegah Penyakit Kudis

BeritaKapan - Penyakit kudis yaang merupakan salah satu penyakit yang menyerang gangguan pada kulit tubuh.  Selain terdapat bercak dan juga seringkali merasa gatal. Sebagai salah satu contoh terjangkit penyakit kudis yakni pada tangan, ini yang seringkali akkibat tidak sering menjaga kebersihan tangan. Salah satu cara dengan mencegah penyakit kudis dengan menjaga kebersihan secara rutin. Dalam bahasa medis dikenal dengan istilah scabies. Penyebab  utama penyakit kudis yakni disebabkan oleh tungau yang berukuran kecil tak kasat mata sehingga jika anda lihat harus dengan alat mikroskop atau bersifat mikroskopis. Adapun yang sangat bahaya penyakit kudis salah satu jenis penyakit yang mudah menular baik dari manusia ke manusia maupun dari hewan ke manusia atau pun melalui perantara benda sebaliknya.

Mencegah Penyakit Kudis
Ilustrasi Penngobatan Penyakit Kudis


Penyakit Kudis seringkali secara tidak sadar anda temui setiap hari, namun memang tak kasat mata. Mereka seringkali tinggal dan berkembangbiak dengan cepat jika tidak dijaga kebersihannya yakni tempat yang tungau sukai diantaranya adalah sebagai berikut ini, seperti handuk, seprai, kemeja, bantal, air, atau sisir yang pernah digunakan penderita penyakit. Rasa gatal yang timbul akibat penyakit kudis seiring berkeinginan untuk menggaruk-garuknya. Penyebab utama yakni tungau yang terdapat di kulit penderita kudis berkisar 10-15 ekor dan mampu berkembang biak lebih banyak hingga berjumlah jutaan serta dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Agar tidak dapat berkembangbiak lalu bagaimana cara mencegah penyakit kudis? 

Menjaga Kebersihan


Salah satu cara terbaik agar tungau salah satu penyebab penyakit kudis harus memang benar-benar menjaga kebersihannya terutama sabun anti bakteri agar terbebas dari serangan germ dan bakteria.  Selain itu  juga untuk mengatasi berkembangbiaknya telur tungau menetas, dan larva tungau bekerja di permukaan kulit Anda. Selain itu juga menjaga kontak fisik berbagi pakaian atau tempat tidur dengan orang yang terinfeksi dapat menyebarkan tungau. 

Dengan cara menggunakan sabun anti bakteri ketika anda mandi dan persiapan tanpa resep dapat meredakan gatal berlebih, akan tetapi dapat mencegah kembalinya penyakit kudis. Untuk meringankan rasa gatal berlebih anda dapat berendam di air dingin bisa menggunakan es juga, atau menempelkan kain basah pada kulit yang terjangkit penyakit kudis.

Pemeriksaan Dengan Uji tinta

Menurut ansiran laman Mayo Clinic (2018). Diseases & Conditions. Scabies, dapat dilakukan pemeriksaan uji tinta dilakukan dengan mengoleskan tinta khusus pada area kulit terutama terjadinya penyakit kudis. Setelah tinta dioleskan, kulit akan dibasuh dengan kapas yang telah diberikan alkohol. Jika terdapat sarang tungau, tinta akan tertinggal di kulit dan membentuk garis-garis kecil.

Pemeriksaan Mikroskopis

Tungau penyebab kudis tidak selalu terlihat kasat mata. Maka dari itu seberapa pentingnya untuk memeriksa tungau di tubuh yang menempel diambil bagian kecil untuk dijadikan sampel. Sampel tersebut kemudian akan diperiksa lebih lanjut di laboratorium. Dengan hal ini tentunya dengan perawatan medis ditangani oleh dokter.

Mencuci Parabotan

Jika anda setelah memegang benda-benda atau pun parabotan rumah seringkali merasa gatal. Mungkin saja anda terjangkit salah satu bakteri sehingga ingin sesekali mungkin untuk menggaruk dengan keras dapat merusak kulit Anda dan memungkinkan terjadinya infeksi bakteri sekunder, seperti impetigo. Impetigo adalah infeksi kulit yang dangkal yang paling sering disebabkan oleh bakteri staph (staphylococci) atau kadang-kadang oleh bakteri strep (streptokokus). Maka dari itu seringlah menjaga dan membersihkan parabotan rumah anda dengan mencucinya dengan sabun anti bakteri khususnya.

Mencuci Pakaian dan Handuk

Penyebab pakaian gatal yakni terdapatnya tungan di baju anda ialah tungau maka seringlah anda cuci dengan sabun anti bakteri. Untuk membersihkannya gunakan air panas bersabun untuk mencuci semua pakaian, handuk, dan selimut yang digunakan dalam waktu tiga hari sebelum memulai perawatan jika anda salah satu pengidap penyakit kudis. (Adv)

0 Response to "Mencegah Penyakit Kudis"