3 Aturan Penting dalam Pemasangan Panel Surya Atap

BeritaKapan - Memasang panel surya di atap ternyata tidak bisa sembarangan, karena Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengeluarkan peraturan panel surya. Peraturan tersebut dibuat agar pemasangan panel surya bisa berjalan teratur sesuai dengan standar dari pemerintah. Ada 3 poin utama mengenai peraturan pemasangan panel surya di atap yang telah ditetapkan pemerintah. 

Ilustrasi Panel Surya Atap Copyright Sewatama.com


Poin Penting Aturan Pemasangan Panel Surya di Atap

1. Aturan untuk Konsumen


Poin pertama pada aturan pemasangan panel surya atap adalah mengenai konsumen. Dalam peraturan tersebut menyebutkan bahwa konsumen yang berhak menggunakan panel surya untuk atap hanya konsumen yang merupakan pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Yang dikategorikan sebagai pelanggan PLN dapat berupa rumah tangga, lembaga pemerintah, serta badan sosial. Industri tidak diperkenankan untuk menggunakan panel surya di atap.

2. Aturan Batas Kapasitas


Dalam poin kedua yang mengatur mengenai batas kapasitas yang diperbolehkan saat memasang panel surya di atap, pemerintah hanya memperbolehkan batas kapasitas tidak lebih dari 90% dari daya listrik yang dipasok dari PLN.

Ilustrasi Panel Surya

Untuk memberi gambaran, misal saja seorang pelanggan PLN memasok listrik sebesar 10 ribu watt, maka batas kapasitas yang boleh dipasang hanya sebesar 9 ribu watt saja.

3. Aturan Hitungan Transaksi Listrik


Poin tiga dalam aturan pemasangan panel surya di atap merupakan aturan mengenai jumlah hitungan transaksi listrik yang dijual dari pembangkit tersebut ke PLN. Yang menjadi aturan dalam menghitung transaksi tersebut adalah Tarif Dasar Listrik serta biaya pokok penyediaan pembangkitan nasional (BPPN).

Hal ini menguntungkan pelanggan karena PLN menyediakan pembelian murah daripada harga listrik yang konsumen beli dari listrik PLN biasanya.

Ada kaitannya dengan panel surya yang memiliki banyak keuntungan, Sewatama sebagai ahlinya kelistrikan menyediakan panel surya berkualitas untuk pelanggan yang ingin memasang panel surya sebagai solusi alternatif listrik hemat biaya.

Sewatama menyediakan panel surya dengan kualitas tinggi dan memiliki garansi yang dapat Anda akses melalui website resminya di https://sewatama.com/id/. Selain itu harga yang ditawarkan sangat terjangkau dengan jasa pemasangan panel surya oleh ahlinya.

Panel surya merupakan solusi listrik murah dengan tenaga yang tersedia gratis di alam. Memasang panel surya berarti Anda membiasakan diri untuk berhemat terhadap energi listrik.(Adv)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Aturan Penting dalam Pemasangan Panel Surya Atap"

Posting Komentar