5 Tanaman Bunga Pengusir Nyamuk

BeritaKapan - Tanaman bunga yang memiliki aroma menyengat dapat mengusir nyamuk. Adapun tanaman hias yang ditanam hendak dilingkungan rumah cukup efektif untuk mengusir nyamuk. Selain memiliki warna yang cantik bunga pengusir nyamuk juga dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya akibat gigitan nyamuk seperti malaria dan demam berdarah. Seringkali anda merasa kesal karena gigitan nyamuk dapat menyebabkan bentol, gatal, sampai mendatangkan penyakit. Ini yang menjadi solusi tepat untuk menanam bunga pengusir nyamuk di pekarangan rumah. Apa sajakah bunganya?


1. Lavender



Bunga ini memiliki aroma yang sangat menyegarkan. Tanaman ini mengandung minyak atsiri pada kuncup bunganya. Sehingga cocok digunakan sebagai bunga pengusir nyamuk. Selain itu juga bunga lavender mengandung senyawa linalool dan lynalyl asetat yang tidak disukai oleh nyamuk. Untuk menanamnya pastikan mendapat sinar matahari dan air yang cukup.

2. Marigold



Bunga marigold memiliki kandungan piterum tentunya tidak disukai oleh serangga dan nyamuk. Menurut New York Botanical Garden, aroma Marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi juga mencegah datangnya kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang kacang, hingga serangga.


3. Lantana Camara

Bunga ini atau biasa disebut tahi ayam, bunga yang tidak disukai nyamuk. Menurut The Journal of American Mosquito Control Association, ekstrak bunga tahi ayam yang dicampurkan dengan minyak kelapa mampu memberikan 94,5 persen proteksi dari nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti. Selain itu senyawa fitokimia pada lantana camara sangat ditakuti nyamuk.

4. Citronella Geranium



Bunga ini memiliki aroma serupa sereh, dengan aromanya yang kuat, sangat dibenci oleh nyamuk. Bau harum dari bunga Geranium ini dianggap sangat menyengat oleh nyamuk, sehingga tidak heran kalau serangga tersebut menjauh.

5. Ageratum




Bunga ini salah satu tanaman hias yang siap memperindah pekarangan rumah Anda. Floss flower atau Ageratum memiliki bunga cantik keunguan dengan serat putih yang mengelilinginya. Ageratum ini mengandung senyawa kumarin, yaitu bahan kimia alami untuk mengusir nyamuk karena beracun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tanaman Bunga Pengusir Nyamuk"

Posting Komentar