6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Menstruasi

BeritaKapan - Mengkonsumsi makanan tentu harus memiliki nutrisi dan gizi yang baik. Namun apabila mengkonsumsi makanan saat mentruasi atau haid perlu anda diperhatikan, karena ada beberapa masalah yang terjadi. Saat haid atau menstruasi, pada wanita akan mengalami nafsu makan yang tidak terkontrol. Ada beberapa jenis makanan yang sebetulnya harus dihindari. Maka dari itu perlu menghindari makanan yang hendak anda santap.

Ilustrasi Makanan Copyright Rawpixel



Seperti yang dilansir Webmd, saat anda mengalami menstruasi sebaiknya menghindari makanan dengan kandungan garam tinggi, terlalu manis, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Makanan-makanan tersebut bisa memperparah gejala haid atau menstruasi seperti sakit kepala dan kram perut. Namun ada beberapa keluhan yang bisa terjadi berupa kram, kembung, pegal-pegal, lesu, sakit kepala, merasakan nyeri pada perut, dan ketidaknyamanan secara umum. Berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat mentruasi, yuk simak kutipan dibawah ini:


1. Makanan Tinggi Kandungan Garam

Ilustrasi Garam Copyright Rawpixel



Sebaiknya jika anda sedang mengalami menstruasi perlu dihindari terlebih dahulu yang mengandung tinggi garam.Alasan menurut kesehatan dengan kandungan garam yang cukup tinggi dapat menyebabkan retensi atau penumpukan air. Akibatnya, perut anda rentan menjadi kembung. Selain itu juga makanan cepat saji begitu pula kandungan tinggi garam yang berlebih sebaiknya anda konsumsi jangan terlalu banyak dan secukupnya saja. Lalu makanan yang tinggi garam seperti  diantaranya adalah makanan cepat saji, keripik kemasan, dan snack lain seperti kerupuk. 


2. Makanan Tinggi Gula

Saat mentruasi mengkonsumsi makanan tentu lebih disukai makanan manis, namun tidak ada salahnya jika Anda menuruti keinginan tersebut selama tidak berlebihan. Jika anda banyak mengkonsumsi makanan tinggi gula dapat meningkatkan energi secara mendadak. Selain itu juga akan mengalami penurunan energi. Jika makanan manis dapat mengubah mood anda, sebaiknya mengganti makanan manis dengan buah-buahan.


3. Minuman dan Makanan Dengan Kadar Kafein Tinggi

Ilustrasi Kopi Copyright Rawpixel


Minuman energi, kopi merupakan salah satu minuman yang berkadar kafein cukup tinggi. Jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan retensi air, kembung, dan memperparah sakit kepala. Minum kopi juga bisa memberikan dampak buruk saat haid.

4. Makanan Pedas

Ilustrasi Cabai Copyright Rawpixel

Makanan pedas menjadikan salah satu makanan favorit wanita pada umumnya. Namun bagi yang tak terbiasa, mengkonsumsi makanan pedas sering menyebabkan gejala sakit perut dan diare. Apabila terjadi datang bulan atau menstruasi, sebaiknya hindari makanan pedas terlebih dahulu karena dapat mengakibatkan gejala kram perut.


5. Daging Merah

Ilustrasi Daging Merah Copyright Rawpixel


Daging merah merupakan salah satu makanan yang untuk anda hindari saat menstruasi datang. Karena kandungan yang ada di daging sapi dan kambing bisa meningkatkan kadar prostaglandin.di tubuh. Hal itu membuat rahim akan berkontraksi dan juga mengeluarkan darah haid. Jika kadar prostaglandin begitu tinggi, maka bisa berefek pada kram perut.


6. Makanan dan Minuman Olahan Produk Susu


Jika anda sedang mengalami mentruasi, sebaiknya dihindari makanan dan minuman olahan produk susu. Dengan hal ini akan memicu kram saat haid atau menstruasi. Perlu diperhatikan karena didalamnya produk susu terdapat asam arakidonat yang menyebabkan terjadinya kram.


Itulah dari ke 6 makanan yang tidak boleh dimakan saat menstruasi, makanan yang dilarang saat haid memang tidak semuanya harus serta-merta dihindari. Sebaiknya dalam porsi yang jauh lebih sedikit dan jenis makanan yang lebih sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Menstruasi"

Posting Komentar