Manfaat Tempe Sebagai SuperFood Yang Mendunia

 BeritaKapan - Tempe merupakan makanan khas yang memiliki gizi dan nutrisi yang cukup tinggi. Selain itu tempe menjadi makanan yang sangat digemari. Tempe juga memiliki harga yang terjangkau dan bisa diolah menjadi berbagai jenis menu yang menggugah selera. Tempe menjadi salah satu makanan yang superfood dan sangat digemari. Tempe juga memiliki harga yang terjangkau dan bisa diolah menjadi berbagai jenis menu yang menggugah selera.



Makanan yang satu ini dibandrol dengan harganya murah, mudah didapatkan, dan rasanya yang enak membuat tempe tidak lepas dari menu makanan sehari-hari bagi sebagian kalangan. Menurut penjelasan dalam “Tempe: Persembahan Indonesia untuk Dunia” yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional (2012), di Indonesia pada waktu itu ada sekitar 81 ribu usaha tempe yang bisa memproduksi sekitar 2,4 juta ton tempe per tahun. Makanan yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan apa saja yang ada di dalam tempe?



1. Menurunkan Kolesterol


Tempe sebagai makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi seperti asam lemak. Pasalnya tempe dibuat dengan cara fermentasi menghasilkan asam lemak tak jenuh majemuk. Asam lemak ini bisa menurunkan kolesterol serum dan menetralkan dampak negatif dari sterol di dalam tubuh.

2. Sumber Protein Lebih Tinggi Dari Daging

Tempe dengan kandungan protein nabati yang cukup tinggi dianggap dapat menurunkan risiko terkena diabetes, penyakit jantung, dan menjaga berat badan Anda. Maka dari itu, tempe sering kali dijadikan sumber protein pengganti daging. Karena setiap 100 gr tempe mengandung kurang lebih 20 gr protein. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan protein harian mencapai 34% bagi orang dewasa.

3. Sumber Kalsium

Kandungan nutrisi pada tempe lebih tinggi dari pada susu, hal ini telah dibuktikan bahwa setiap penyajian 100 gr susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan setiap 100 gr tempe memiliki kandungan mencapai 155 mg kalsium.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Dikutip dari jurnal Biomolecules, enzim ini juga membantu fungsi pembelahan sel, pembekuan darah, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi vital lainnya. Selain itu, tempe mengandung lemak yang lebih sedikit, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, biotin, vitamin B12, dan retinol yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan daging.

5. Mencegah Anemia

Tempe tinggi kandungan vitamin B12, ini bermanfaat untuk bermanfaat mencegah anemia atau kurang darah. Vitamin B12 berfungsi membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dalam tubuh dapat menimbulkan gejala, seperti pusing, lemas, lelah, kulit pucat, keseimbangan tubuh menurun, dan mood labil.

6. Menangkal Radikal Bebas

Tempe mengandung zat antioksidan dalam bentuk isoflavon yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas. Tempe juga mengandung antioksidan yang tinggi. Senyawa aktif tersebutlah yang berperan penting dalam melawan radikal bebas. Sehingga beberapa masalah kesehatan seperti kanker, bisa dicegah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Tempe Sebagai SuperFood Yang Mendunia"

Posting Komentar