Beda Rematik dan Asam Urat Kamu Wajib Tau

BeritaKapan - Penyakit yang diderita seperti rematik salah satunya sangat mengganggu aktivitas anda. Penyakit rematik bisa dianggap penderita sama dengan asam urat, padahal aslinya sangatlah berbeda. Mengenai perbedaan dari penyakit rematik dan asam urat perlu diketahui dengan seksama, agar dapat di atasi dengan tepat. Secara umum penyakit reumatik dapat diartikan yakni Rematik atau rheumatoid arthritis (RA) merupakan penyakit autoimun yang mengakibatkan peradangan, kekakuan, nyeri dan bengkak pada sendi. 

Ilustrasi Penyakit Asam Urat

Seperti dilansir dari Healthline.com, rematik juga merupakan penyakit sistemik yang berarti bisa mempengaruhi organ lain seperti mata, kulit, paru, dan hati. Penyakit rematik tersebut apabila tidak segera diobati atau dilakukan tindakan, rematik bisa menyebabkan berbagai masalah lain. Salah satunya adalah rasa tidak nyaman akibat nyeri yang dapat mengganggu penderitanya dalam beraktivitas.

Sedangkan penyakit asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin, yaitu salah satu zat alami yang memiliki banyak fungsi bagi tubuh, fungsinya untuk mengatur pertumbuhan sel dan menyediakan energi. 

Beda Rematik dan Asam Urat

Penyakit rematik dan asam urat merupakan juga sama memberikan rasa sakit pada persendian tangan atau pun kaki. Namun dari keduanya dapat dibedakan dari segi gejala dan penyebabnya. Berikut ini  diantaranya gejala dan penyebab reumatik dan asam urat:

  1. Terjadi pada persendian tangan dan kaki akan mengalami bengkak serta terasa hangat jika disentuh.
  2. Sendi yang bengkak akan melebar ke pergelangan tangan, siku, bahu, pergelangan kaki, lutut, dan pinggul.
  3. Sendi akan terasa kaku ketika hendak bangun tidur kemudian bisa juga hilang.
  4. Seperti dilansir dari WebMD, bisa timbul gejala lain meski jarang terjadi seperti kelelahan, hilang nafsu makan dan demam.

Gejala Asam Urat

  1. Timbul rasa nyeri yang hebat serta mendadak disertai dengan campuran rasa panas.
  2. Secara umum pada jempol kaki, namun juga bisa pada pergelangan kaki, lutut, siku atau pun pergelangan tangan.
  3. Saat disentuh sendi akan terasa hangat dan berwarna merah serta mengalami bengkak.
  4. Terkadang gejala samam urat disertai demam.

Beda Rematik dan Asam Urat Dari Gejalanya


Penyakit rematik dan asam urat sama-sama merupakan penyakit yang menyerang pada kondisi radang sendi. Penyakit rematik merupakan kondisi autoimun di mana sistem imun tubuh menyerang jaringan pada sendi.

Asam urat disebabkan oleh kelebihan kadar asam urat pada darah. Selain itu asam urat yang terjadi dalam tubuh dapat memproduksi asam urat yang dapat memecahkan beberapa jenis makanan termasuk daging.

Asam urat akan berpengaruh pada ginjal, yakni dapat dikeluarkan melalui urine dan saat produksinya berlebihan akan membentuk kristal dan menumpuk pada sendi. Demikianlah mengenai beda rematik dan asam urat yang wajib anda tau.


Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa share yang bermanfaat

0 Response to "Beda Rematik dan Asam Urat Kamu Wajib Tau"

Posting Komentar