Mengenal Kredit Mobil Online

BeritaKapan - Anda mungkin tidak asing dengan kredit mobil, yaitu sebuah layanan yang ditawarkan oleh pihak bank atau lembaga pembiayaan untuk membeli mobil dengan cara dicicil. Saat ini kebutuhan masyarakat akan kepemilikan mobil pribadi kian meningkat. Cara kredit mobil ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk membawa pulang mobil impian.


Mengenal Kredit Mobil Online
Ilustrasi Menyetir Mobil Copyright Rawpixel


Biasanya untuk mengajukan kredit mobil baru ada beberapa syarat yang perlu d perhatikan. Syarat-syarat tersebut antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (ketika kredit lunas).
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap per bulan (kebijakan berbeda di setiap daerah) atau memiliki usaha.

Ketika melakukan kredit mobil diperlukan uang muka terlebih dahulu. Nilai uang muka sendiri memiliki ketentuan yang telah diatur oleh Bank Indonesia, selaku bank sentral yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran di Indonesia. Menurut Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.17/10/PBI/2015 mengenai rasio LTV (Loan to Value) untuk pembiayaan kendaraan bermotor ditetapkan bahwa uang muka yang harus dibayarkan untuk kredit mobil berkisar antara 20% hingga 25%. Angka tersebut telah mengalami penurunan dari ketetapan sebelumnya yang mengharuskan masyarakat untuk menyiapkan uang muka sebesar 30% dari harga mobil yang akan dibeli.

 

Proses Pengajuan Mobil

Pengajuan kredit mobil perlu dilakukan dengan benar agar pengajuan bisa diterima. Berikut ini proses pengajuan kredit mobil:

1. Memilih Mobil

Memilih mobil dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat melalui internet hingga mendatangi showroom. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda.

2. Mengunjungi Dealer

Setelah mobil dipilih sebaiknya Anda berkonsultasi dengan pihak dealer, mereka akan dengan senang hati membantu Anda menemukan mobil yang sesuai dengan keinginan Anda. Konsultasikan juga masalah anggaran keuangan Anda dengan mereka.

3. Mengajukan Permohonan Kredit

Langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan kredit mobil pada pihak bank atau lembaga pembiayaan. Ingat untuk cari tahu syarat dokumen yang dibutuhkan dan lengkapi semua dokumen yang dijadikan sebagai syarat pengajuan supaya pihak pembiayaan dapat segera memproses permohonan Anda.

Biasanya pihak pembiayaan akan melakukan proses verifikasi, dan survey calon nasabah. Proses tersebut mungkin memakan waktu sekitar 3-5 hari kerja. Apabila pengajuan telah disetujui, kemudian pihak pembiayaan akan menghubungi Anda dan juga pihak dealer untuk melakukan proses pembayaran uang muka.

Bila syarat administrasi telah selesai, pihak dealer akan segera mengirimkan mobil ke alamat yang telah disetujui dalam 3-4 hari kerja. kelengkapan seperti STNK, pada umumnya akan dikirim paling tidak 14 hari setelah mobil diterima.

 

Jika Anda berminat untuk melakukan kredit mobil tahun ini, cobalah mengajukan kredit secara online. Saat ini ada cara kredit mobil baru online 2022 akan memudahkan Anda memiliki mobil impian. Melalui cara online akan mempersingkat pencarian mobil baru dan memudahkan proses kredit, hanya dengan melalui telpon genggam Anda bisa melakukan pengajuan kredit.

Aplikasi yang  bisa membantu Anda kredit secara online adalah SEVA yang dikembangkan oleh   PT. Astra Digital Internasional. Dapat dioperasikan melalui gadget seperti smartphone ataupun tablet sehingga memudahkan Anda melakukan proses kredit.

Terdapat beragam fitur yang akan membantu Anda memilih mobil baru sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Misalnya fitur Load Calculator yang berfungsi untuk menentukan kemampuan finansial konsumen, dengan memberikan kisaran pendapatan per bulan yang diperlukan untuk masing-masing pilihan angsuran.

Ada juga fitur Loan recommendation yang berfungsi untuk memberikan rekomendasi pembiayaan berdasarkan harga mobil, kombinasi Down Payment (DP), dan pilihan tenor cicilan. Anda diharapkan dapat mencicil mobil sesuai kemampuan agar tenang dikemudian hari. (Adv)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Kredit Mobil Online"

Posting Komentar