5 Fakta Tanaman Saffron Termahal Di Dunia

BeritaKapan -  Seperti sekarang ini ada tanaman bernama saffron merupakan salah satu jenis tanaman rempah pilihan ang terbilang termahal didunia. Perlu kita ketahui bersama tanaman bernama saffron yang terbuat dari bunga Crocus sativus, yang merupakan satu kelompok dari varietas bunga bakung. Saffron memiliki aroma kuat dan warna yang khas. Bisa juga disebut sebagai rempah-rempah bernilai manfaat oleh karena itu juga kaya akan antioksidan, begitu pula dengan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak jarang orang yang tau akan khasiatnya dengan memanfaatkan saffron sebagai obat tradisional. Terlebih tanaman ini bisa dibuat teh atau pun dibuat dengan makanan lainnya. Untuk waktu sementara bahwa, tanaman saffron juga dikenal sebagai rempah-rempah yang paling mahal di dunia.

Ilustrasi Saffron Copyright Shutterstock

Hal ini karena saffron memiliki metode pemanenan yang cukup sulit sehingga membuat produksinya mahal. Maka dari itu tanaman saffron yang disebut sebagai tanaman rempah paling mahal di dunia? Lalu apa sajakah mengenai kelimma faktanya? Mari kita simak bersama ulasan berikut ini.


1. Tanaman Saffron Rempah Termahal

Seperti yang dilansir oleh laman The Spruce Eats, Saffron adalah rempah paling mahal di dunia. Diperkirakan 14.000 stigma hanya menghasilkan satu ons atau 0,02 Kilogram benang saffron.Benang saffron ini bisa didapatkan dengan harga Rp768 ribu per 0,7 Kilogram. Harga yang mahal ini karena proses memanennya yang cukup sulit, masih dilakukan dengan tangan seperti ribuan tahun yang lalu.

2. Dapat Digunakan Untuk Memasak

Tanaman rempah ini juga dapat membantu memberikan warna kuning yang khas dan rasa manis yang gurih. Untuk mengukur sejumput, perlu diingat bahwa 1 sendok teh benang saffron sama dengan 18 sendok teh kunyit bubuk. Agar saffron bisa menghasilkan rasa yang maksimal, salah satu dari anda yang memasak dengan saffron perlu merendamnya sebentar dalam air panas, atau keringkan dalam wajan hangat dan hancurkan menjadi bubuk.

3. Baik Untuk Kesehatan

Mungkin anda perlu menyiapkan biaya yang cukup mahal untuk mendapatkan rempah-rempah yang satu ini. Bukan hanya karena metode penanamannya yang sulit, akan tetapi saffron juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Ini memang sudah dibuktikan dalam pengobatan tradisional, saffron telah digunakan sebagai afrodisiak, kontrasepsi, dan pengatur siklus menstruasi. Ini juga dianggap dapat meningkatkan suasana hati dan mengatasi depresi. Sementara itu, saffron juga telah banyak digunakan sebagai obat penenang, perangsang nafsu makan, meringankan sakit perut, batuk, masalah pencernaan, demam, hingga luka yang menyakitkan.

4. Masa Panen Tanaman Saffron


Ilustrasi Saffron Copyright Shutterstock


Seperti yang dikutip dari buku Metode dan Cara Budidaya Saffron karya Jameelah, butuh waktu sekitar 6 hingga 8 minggu untuk menanam saffron sampai berbunga dan mekar. Cepat atau tidaknya ini disebabkan oleh konsumsi nutrisi dan perawatan tanaman saffron. Saat tanaman itu mekar, itu hanya bertahan tidak lebih dari 3 minggu sampai bunga itu menjadi kering dan layu. Fakta lain yang menyebabkan harga saffron meroket adalah jumlah bunga yang dipanen sekitar 50 sampai 60 bunga, hanya akan menghasilkan satu sendok teh saffron saja.

5. Berguna Untuk Perawatan Kecantikan

Cleopatra diketahui mandi dengan susu kuda betina yang dilengkapi dengan saffron sebagai bronzer dan afrodisiak alami. Asam laktat yang terkandung dalam susu dipercaya dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati dengan lembut. Selain itu juga tanaman saffron dapat membantu mencerahkan kulit dan membuatnya tampak lebih sehat. Selain itu juga tanaman saffron juga bisa bekerja sebagai parfum dan juga ditaburkan dalam air untuk mandi dengan saffron adalah salah satu tren mewah di kalangan elit Roma.


Nah itulah diantara fakta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan serta dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional. Oleh karena itu tanaman ini memiliki bandrol yang cukup mahal harganya sehingga hanya kalangan elit saja yang dapat membelinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Fakta Tanaman Saffron Termahal Di Dunia"

Posting Komentar