5 Cara Turunkan Kolesterol Ampuh


Advertisment

BeritaKapan - Bumbu dapur kebanyakan diolah dan dijadikan sebagai bumbu masakan yang sehat lagi sedap. Tak hanya itu ternyata dari ke 5 bumbu dapur dibawah ini dapat dipercaya secara alami ampuh  turunkan kolesterol. Kebanyakan yang dibicarakan seperti sekarang ini telah banyak orang yang mengalami gangguan penyakit naiknya kolesterol. Lalu apa obat alami kolesterol tinggi? Maka dari itu mungkin mencari tau apa sebab dan obat yang ampuh untuk menurunkan penyakit kolesterol secara alami.  Ada kutipan yang membahas tentang bumbu dapur yang dijadikan sebagai obat alami. Selain itu juga alternatif selain obat kimia yang dikonsumsi, ternyata memakai bumbu dapur juga ikut serta menurunkan kolesterol secara ampuh dan tentunya lebih herbal. Perlu diketahui bahwa penyakit kolesterol adalah penyakit yang diderita oleh seseorang yang telah memiliki zat lemak darah. Sehingga kondisi ini dapat menyumbat pembulu atau pun aliran darah, jika tidak segera diobati maka akan berisiko terkena penyakit serangan jantung.

Ilustrasi Kolesterol Copyright Shutterstock


5 Cara Turunkan Kolesterol Ampuh Dengan Bumbu Dapur

Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini, bisa diantara anda yang membaca kutipan ini dengan menggunakan bumbu dapur. Bumbu dapur yang digunakan sebagai obat alami dan dapat dipercaya ampuh untuk menurunkan salah satu penyakit yang diderita seperti kolesterol. Penyebab yang terjadi salah satu dari yang sebenarnya tak semua kolesterol buruk, ada juga kolesterol baik dalam darah yang justru diperlukan tubuh. Semuanya bisa saja terjadi akibat dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan atau pun kebiasaan pola yang buruk. Jadi pola makan teratur merupakan salah satu cara terhindar dari penyakit kolesterol. Mamu bumbu dapur apa sajakah yang ampuh untuk turunkan kolesterol? Mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

1. Kayu Manis

Kayu manis selalu identik dengan aroma khas sebagai bumbu penyedap masakan. Tak lebih manfaat lain yang tersembunyi dari kayu manis adalah obat bumbi dapur alami turunkan kolesterol tinggi. Selain dengan memiliki aroma yang khas dan wangi kayu manis seringkali digunakan dalam pengobatan termasuk menurunkan penyakit kolesterol. Hal ini seperti dilansir dari Medical News Today,menurut sebuah penelitian tahun 2021 pada beberapa studi mengenai efek kayu manis dan kolesterol telah ditemukan manfaat kesehatan dari kayu manis yang dapat membantu untuk mengurangi kolesterol jahat didalam tubuh bagi penderita diabetes, sindrom metabolik, dan penyakit liver. Maka dari itu pula menurut sumber yang telah disebutkan bahwa kayu manis dalam sebuah penelitian mampu menurunkan kolesterol tinggi. Dalam penelitian tersebut orang yang mengkonsumsi kayu manis kadar kolesterol jahat (LDL) mereka turun dalam 3 bulan setelah diberi kayu manis. Namun sayangnya, alhasil yang didapat dari penelitian tersebut terhadap kadar kolesterol baik (HDL) tidak kunjung ada perubahan hingga kondisi yang membaik.

Ilustrasi Kayu Manis Copyright Istockphoto


Namun sayangnya dalam data penelitian tersebut, bahwa klaim kayu manis dapat menurunkan kolesterol tinggi belum bisa dipastikan benar karena butuh penelitian lebih secara menyeluruh. Selain yang disebutkan pada data diatas tadi, ada juga penelitian yang mengungkap konsumsi kayu manis tak berefek apapun pada kolesterol tinggi. Namun tidak ada salahnya untuk menggunakan bumbu dapur lain dengan mengobati dan menurunkan penyakit kolesterol secara alami.

2. Jahe

Ilustrasi Jahe Copyright Istockphoto



Rimpang jahe dipercaya dapat menurunkan secara alami pada penyakit yang diserita seperti kolesterol. Dengan hal ini sudah dibuktikan pada tahun 2018 lalu, alhasil dapat diketahui jika salah seorang terlanjur dalam mengonsumsi 5 gram jahe mentah dimakan setiap hari selama 3 bulan, ini dapat secara alami mengakibatkan penurunan kadar kolesterol jahat. Cara aktif dari rimpang jahe memberikan efek enzim dalam peningkatannya untuk kinerja pada kolesterol. Selain itu kandungan gingerol pada rimpang jahe juga dapat dipercaya ternyata efek memberikan daya ampuh dapat mencegah penggumpalan darah dan melancarkan aliran darah. Jahe bisa dikonsumsi dalam banyak cara seperti ditambahkan dalam masakan atau dibuat wedang jahe. Maka dari itu sebagian banyak orang telah mengkonsumsi wedang jahe, salah satu diantaranya dapat menurunkan kolesterol tinggi.


3. Cabai

Ilustrasi Cabai Copyright Istockphoto



Bumbu dapur yang seringkali digunakan adalah cabai. Karena cabai juga termasuk obat alami untuk menurunkan kolesterol secara alami. Maka dari itu telah banyak orang yang mengkonsumsi cabai sebagai obat alami kolesterol. Hal ini dibuktikan seperti yang dilansir Medical News Today, dalam sebuah penelitian tahun 2022 melihat efek capsaicin pada kolesterol. Para peneliti telah menemukan 8 dari 9 studi soal capsaicin mengungkap manfaat zat dari cabai ini dalam mengurangi kadar kolesterol jahat bagi seseorang yang telah mengalami sindrom metabolik. Dengan demikian, dalam sebuah peneliti tersebut juga menemukan, 8 dari 9 studi itu mengungkap capsaicin tidak mempengaruhi jumlah kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Untuk menemukan zat Capsaicin juga terkandung pada paprika. Maka dari itu untuk menambahkan cabai ke dalam masakan sehari-hari karena dapat menurunkan kolesterol secara alami.

4. Bawang Putih

Ilustrasi Bawang Putih Copyright Istpockphoto



Bawang putih tak ketinggalan dalam hal dalam memasak seperti halnya nasi goreng. Perlu diketahui bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat salah satunya menurunkan kolesterol. Menurut sebuah penelitian tahun 2016 mempelajari efek konsumsi bawang putih dan jus lemon pada kolesterol. Selain memiliki bau dan rasa unik dari gorengan bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan. Hal demikian menurut para peneliti mencatat bahwa orang dengan kolesterol tinggi mengalami penurunan LDL dan kadar kolesterol total. Jika ia memangnya setelah mengonsumsi 20 g bawang putih dan ditambah lagi dengan satu sendok teh jus lemon setiap hari selama 8 minggu. Para peneliti menyebutkan dan mencatat bahwa diperlukan lebih banyak studi tentang efek ini. Maka dari itu dengan menambahkan bawang putih dalam setiap masakan agar dapat menurunkan penyakit kolesterol.

5. Kunyit

Ilustrasi Kunyit Copyright Istockphoto



Kunyit seringkali dalam bumbu masakan dan menambahkannya menjadikan warna alami pada makanan. Misalnya nasi kuning yang terbuat dari pewarna alami kuning dari perasan dari kunyit. Ternyata kunyit memiliki efek dan manfaat untuk kesehatan mengenai kolesterol. Pada kelanjutan dari penelitian tahun 2017 melihat efek jika mengkonsumsi kunyit dan manfaat untuk kesehatan dari kandungan kurkuminnya untuk mencegah penyakit terhadap kolesterol. Hal yang luar biasa manfaat kesehatan dari rimpang kunyit. Menurut para peneliti menemukan 7 penelitian yang menyatakan bahwa kunyit dan kurkumin dapat menurunkan kadar LDL pada orang yang berisiko penyakit kardiovaskular (CVD). Namun sayangnya yang telah dianjurkan oleh peneliti menyarankan pula pada studi lebih lanjut harus dilakukan untuk mengonfirmasi efek ini.


Dengan memanfaatkan bumbu dapur mulai dari kayu manis hingga kunyit ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu juga efektif untuk menurunkan penyakit seperti kolesterol tinggi. Maka dari itu jangan lewatkan untuk menambahkan dari salah satu bahan alami dari dapur anda untuk menurunkan penyakit kolesterol dengan ampuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Turunkan Kolesterol Ampuh"

Posting Komentar