9 Cara Sehat Memanfaatkan Jahe

  BeritaKapan - Rimpang Jahe memiliki beraneka ragam khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.Rempah yang satu ini tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu.Khasiat jahe untuk obat juga sudah tidak diragukan lagi. Dan ternyata, jahe juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan,mengatasi mual, kram akibat menstruasi, membersihkan usus dan mencegah kanker usus. Rasa jahe ini apabila dikonsumsi sangat hangat dan menyumbangkan energi.Menjadi obat tradisional terbaik saat sakit perut, mual atau sehabis muntah.

(c)pixabay
   Selain itu jahe mengandung antioksidan tinggi serta bahan anti peradangan yang disarankan dikonsumsi baik oleh pria maupun wanita.Temukan 9 Cara Sehat Memanfaatkan Jahe Menurut Dr. Jaishree Bhattacharjee,dikutip stalycraze.com inilah beberapa manfaat alami jahe bagi kesehatan tubuh.


Teh Jahe

   Teh yang satu ini rasanya lebih nikmat dan menghangatkan tubuh serta mencegah dan mengobati masuk angin. Caranya adalah, seduh potongan jahe yang telah digeprek di dalam panci kemudian tambahkan teh dan masak hingga sekali mendidih. Tuangkan pada cangkir atau mug dan boleh ditambahkan madu serta jeruk nipis atau lemon.Dinikmati selagi hangat jauh lebih nikmat.

Salad dressing

  Boleh dicampurkan serutan tipis jahe di atas salad dan dicampur dengan minyak zaitun. Aromanya lebih wangi serta lebih sehat ketimbang Anda memakai mayonaise atau thousand island.

Aroma untuk kue

   Campurkan bubuk jahe pada adonan kue kering, bentuk seperti yang Anda suka kemudian baru dipanggang. Aroma jahenya akan lebih sedap serta terasa ketika dikonsumsi di lidah.

Taburan sup

   Dan jahe juga bisa ditambahkan pada kuah sup sebagai salah satu bumbu utama. Fungsinya adalah memberikan aroma yang berbeda, sebagai obat untuk sakit tenggorokan dan menghangatkan. Jahe di sini juga baik untuk meredakan mual di perut Anda.

Acar jahe

Jahe juga biasanya diolah menjadi acar yang dapat dinikmati dengan sushi, nasi atau salad. Memberikan rasa yang khas dan istimewa serta membangkitkan energi.

Sirup jahe

   Produk yang satu ini tidak terlalu banyak di pasaran, namun cara membuatnya sangat mudah. Ambil sarinya setelah diparut, masak bersama gula dan madu. Biarkan hingga mengental kemudian kemas di dalam botol.

Wedang jahe

   Nah, kalau yang satu ini Anda tentu sudah familiar kan? Rebus jahe bersama gula merah, kemudian nikmati kuah hangat ini dengan taburan kacang sangrai. Ah... sedapnya.

Jahe bakar

    Apabila Anda mengalami problem tenggorokan dan ingin agar suara kembali jernih, bakar jahe kemudian kunyah. Rasakan sarinya dan biarkan menjadi obat alami di tenggorokan. Suara akan kembali lebih jernih.



   Itulah diantara ke 9 Cara Sehat Memanfaatkan Jahe bagi kesehatan tubuh.Selain itu jahe juga membantu membakar lemak di dalam tubuh. Konsumsi sesendok makan jahe pada saat sarapan, Anda akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh hingga 20%. Saat metabolisme dalam tubuh meningkat, sebagian lemak dalam tubuh dibakar.

Jangan Lupa Like dan Share Semoga Bermanfaat

0 Response to "9 Cara Sehat Memanfaatkan Jahe"